Capaian Vaksinasi Rendah, Ratusan Nakes TNI Diterjunkan ke Tangerang

Ratusan nakes dari TNI diturunkan ke Kabupaten Tangerang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

VIVA – Capaian vaksinasi yang rendah membuat ratusan tenaga kesehatan (nakes) yang diperbantukan dari anggota TNI diterjunkan ke wilayah Kabupaten Tangerang, Rabu, 20 Oktober 2021.

5 Syarat Kucing Peliharaanmu Sudah Bisa Divaksin Biar Tetap Sehat

Dalam tugasnya, para nakes itu akan membantu pemerintah setempat melakukan vaksinasi massal masyarakat di wilayah tersebut.

"Hari ini, kita kedatangan bantuan ratusan tenaga kesehatan dari TNI, dan itu perbantuan untuk vaksinasi COVID-19," kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang, dr Hendra Tarmizi.

WHO Peringatkan Ancaman Wabah Penyakit yang Serang Anak-anak di 2024

Dalam pelaksanaannya, mereka akan bergabung dengan tenaga kesehatan lainnya yang ada di Kabupaten Tangerang. Nantinya, bukan lagi sekadar membuka sentra vaksinasi dan mendatangkan banyak warga, melainkan mendatangi langsung ke lingkungan perumahan.

Ratusan nakes dari TNI diturunkan ke Kabupaten Tangerang.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)
Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

"Kemarin itu sempat dibahas, selain dengan pak Bupati, bahas juga dengan pak Dandim, pak Kapolres, kita sepakat untuk menyisir RT RW begitu. Sebab, kalau mengandalkan sentra saja, itu kelihatannya enggak ada orang (masyarakat) lagi, jadi kita datangi lingkungannya saja," ujarnya.

Ia juga memastikan, bila persediaan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Tangerang aman. Sehingga, ketika nakes untuk tenaga vaksinator sudah tersedia, maka selanjutnya terjun ke lingkungan di tiap RT RW.

"Saat ini stok aman (vaksin), enggak usah ditambah lagi. Sekitar 700 ribuan dosis jenis Sinovac dan Pfizer," ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah pusat memberi perhatian lebih pada daerah yang pencapaian vaksinasinya masih di bawah rata-rata nasional. 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta TNI/Polri dan Kementerian Kesehatan untuk menerjunkan tim untuk fokus pencapaian vaksinasi di wilayah tersebut, termasuk untuk Kabupaten Tangerang. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya