Usung Anies Jadi Calon Presiden 2024, Relawan: Pemimpin yang Baik

Deklarasi dukung Anies Baswedan jadi Calon Presiden 2024
Sumber :
  • VIVA / Willibodus (Jakarta)

VIVA – Kelompok masyarakat dari Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) mendeklarasikan mendukung Anies Baswedan untuk maju dalam pemilihan presiden (pilpres) pada tahun 2024 mendatang. Deklarasi tersebut digelar di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, pada Rabu hari ini, 20 Oktober 2021.

Pekan Depan, MK Batasi Jumlah Saksi di Sidang Sengketa Pilpres 2024

Koordinator ANIES Laode Basir dalam sambutannya mengatakan, bahwa pihaknya akan mendukung Anies Baswedan untuk menjadi Presiden RI pada pilpres mendatang. Menurut Laode, dari hasil kepemimpinannya sebagai Gubernur DKI Jakarta, Anies layak menjadi Presiden RI selanjutnya.

Ia pun menyinggung soal aspek-aspek peningkatan yang ada di DKI Jakarta dalam tiga tahun belakang ini. Aspek-aspek yang mengalami peningkatan dalam masa kepemimpinan Anies adalah kesehatan, pendidikan, transportasi, dan penanganan banjir.

Golkar: Kabinet Tidak Boleh Dibatasi karena Prerogatif Presiden

"Koalisi masyarakat ANIES ini muncul atas inisiatif kami, karena melihat keberhasilan pak Anies Baswedan seperti yang tadi kami paparkan. Saya punya cerita, keluarga saya di Timur sana mereka bilang iri karena kepemimpinan Anies hanya dinikmati oleh warga Jakarta, kita juga warga Indonesia (yang ingin dipimpin Anies Baswedan)," kata Laode.

Sementara, deklarator lain Dani Kusuma menambahkan jika deklarasi ini juga didasari oleh indeks demokrasi yang juga dapat dijaga oleh Anies. Selain itu, tanpa sepengetahuan Anies, gerakan itu juga dinilainya sebagai inisiatif baik.

Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya

Gubernur DKI Anies Baswedan saat hendak diperiksa KPK sebagai saksi

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Tidak satupun orang yang menghina, atau mencaci Gubernur Anies Baswedan saat memipin di Jakarta berujung di penjara. Itu adalah contoh peminpin yang baik," tambah Dani.

Dalam kesempatan tersebut, lanjut Dani, Perwakilan Tim Pendamping Hukum ANIES juga menyebut jika pihaknya telah membentuk tim kuasa hukum di di tanah air, di 34 provinsi. Bahkan, di beberapa daerah besar sudah bergabung kurang lebih 100 advokat.

"Alhamdulillah kami sudah membentuk tim hukum di seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Jadi target kami di suatu provinsi yang besar kami bentuk 100 advokat," sebutnya.

Deklarasi tersebut kemudian dilanjutkan dengan memperlihatkan video dukungan dari  relawan-relawan yang berada di tiap-tiap daerah. Kemudian diakhiri dengan foto bersama para deklator dan sejumlah relawan.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya