Tumpukan Sampah Medis Berserakan di TPA Bekasi

Tangkapan Layar Limbah di TPA Burangkeng, Kabupaten Bekasi
Sumber :
  • Instagram/ @garrylotulung

VIVA – Tumpukan sampah medis ditemukan berserakan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Burangkeng, di Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi. Sampah itu terdiri bekas masker bedah, sarung tangan, hingga alat pelindung diri. Padahal untuk limbah medis, ada aturan tersendiri untuk limbahnya.

Akibat Banjir, Sampah TPA Cipayung Diduga Longsor ke Kali

Foto tumpukan sampah medis itu viral di media sosial dan diunggah oleh akun Instagram @garrylotulung. Sampah medis itu berserakan menjadi satu dengan sampah rumah tangga.

Tak hanya itu, dalam unggahan tersebut terlihat tumpukan bekas tabung sample darah di sana. Dikhawatirkan tumpukan sampah bekas medis tersebut mengakibatkan pemulung dan penduduk sekitar dapat terinfeksi virus.

Cegah Kebakaran di TPA, Ratusan Pemulung Ikut Pelatihan K3
Riset: Plastik Air Mineral Masuk 10 Besar Penyumbang Timbulan Sampah di TPA 5 Kota Besar RI

Akan Dilakukan Pengecekan Lapangan

Menanggapi temuan itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Sri Enny Mainiarti menyatakan belum mengetahui temuan tersebut. Dan dia mengaku, segera melakukan pengecekan ke lapangan.

Lebih lanjut dijelaskannya, pihaknya sudah mengikuti standar operasional prosedur (SOP) dalam mengatur pembuangan limbah medis yang berhubungan dengan virus Corona. Dan dia mengakui, sampai sekarang belum ada laporan terkait temuan sampah medis yang dibuang di TPA.

”Kalau dari faskes (fasilitas kesehatan) sudah ada SOP nya untuk pembuangan limbah medis,” katanya, kepada wartawan, Kamis 21 Oktober 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya