Logo BBC

Paracetamol di Teluk Jakarta: Bagaimana Obat-obatan Sampai ke Laut

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Temuan kontaminasi paracetamol di Teluk Jakarta baru-baru ini menyoroti pencemaran limbah obat-obatan atau farmaseutikal di perairan Indonesia.

Temuan yang diungkap para peneliti dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Universitas Brighton, Inggris, tersebut telah mendorong pemerintah untuk menanyai perusahaan-perusahaan farmasi di Jakarta tentang pengelolaan limbah serta membentuk tim untuk mengidentifikasi hal yang disebut sebagai emerging pollutant.

Meskipun tidak secara langsung mengancam manusia--karena kadarnya rendah--limbah farmaseutikal dapat berdampak pada ekosistem laut.

Tapi bagaimana obat-obatan yang kita minum berakhir di laut, dan apakah temuan ini berarti kita harus mengurangi konsumsi obat?

Paracetamol di Teluk Jakarta

Studi pendahuluan (preliminary study) yang diterbitkan di jurnal Marine Pollution Bulletin Juni lalu, menemukan kontaminasi paracetamol pada dua lokasi di Teluk Jakarta - Muara Angke dan Ancol.

Para peneliti menyebut kadar paracetamol yang ditemukan di Muara Angke, 610 ng/L, merupakan konsentrasi tertinggi yang pernah ditemukan dalam air laut.