Penuhi Kebutuhan Jakarta, Anies Pilih Daging Sapi NTT Ketimbang Impor

Kerja sama penyediaan daging sapi antara Jakarta dan NTT.
Sumber :
  • Syaefullah/VIVA.

VIVA – Pemprov DKI Jakarta kembali menjalin kerja sama antar daerah, yang kali ini dilakukan bersama Pemprov Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Labuan Bajo Siap Sambut Wisatawan! Temukan Peluang Baru di Webinar Outlook Kepariwisataan NTT

Kerja sama ini direalisasikan dengan adanya Memorandum of Understanding (MoU) oleh kedua daerah tersebut, yakni PD Dharma Jaya dengan PT Flobamor (BUMD Provinsi NTT) dalam rangka pemenuhan daging sapi dan sapi hidup berkualitas mutu baik asal Kupang.

Gubernur Anies menjelaskan bahwa kerja sama ini selain menjadi momentum untuk meningkatkan dan menumbuhkan kolaborasi, juga menjaga kestabilan dan penyediaan kebutuhan protein hewani di kota Jakarta.

Bantu Redam Dampak El Nino, ASDP Tebar 1.000 Sembako Gratis di Pelabuhan Bolok Kupang

"Jadi sapi asal NTT ini berbobot besar dan hasil dagingnya itu berkualitas unggulan, berkualitas bagus. Lalu bisa digunakan sebagai bahan baku untuk kebutuhan di Jakarta. Intinya, kualitas daging asal Kupang ini termasuk yang terbaik dibanding dengan daging impor," ujar Anies di Jakarta, Selasa, 26 Oktober 2021.

Baca juga: Omzet Miliaran, Kalibiru Jadi Percontohan Pengembangan Ekowisata

Jelang Idul Fitri, Pemkab Purwakarta Siapkan Vaksin untuk Atasi Wabah PMK

Ia juga bersyukur atas terjalinnya kerja sama ini. Ia juga mewakili warga Jakarta untuk menyampaikan rasa terima kasih  kepada masyarakat NTT. Hal ini karena mereka telah bekerja keras mengembangbiakan ternak sapi yang kemudian manfaatnya di rasakan di Jakarta.

"Kami menyampaikan terima kasih karena telah membantu memenuhi daging di Ibu Kota. Kerja sama diharapkan bisa diperluas dan bisa diwujudkan melalui pola kerja sama yang sesuai porsinya. Yakni, BUMD yang menyiapkan supply lalu SKPD yang mengelola demand," katanya.

PD Dharma Jaya akan memberikan secara simbolis PO pembelian Sapi sebanyak 2.000 ekor dan daging sapi sebanyak 4 kontainer. Harapannya Pemprov NTT dan PT Flobamor mendapatkan alokasi 30.000 ekor sapi dari total 60.000-an ekor sapi tahun depan untuk kebutuhan Idul Adha dan lainnya.

Sapi NTT tiba di Jakarta/Ilustrasi.

Photo :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

Sebagai informasi, terdapat 10 provinsi yang konsumsi daging sapi berada di atas rata-rata nasional, dan Pemprov DKI Jakarta merupakan yang tertinggi yaitu sebesar 1,06 kg per kapita setiap tahun. Karena itu, Jakarta masih menjadi barometer untuk menentukan tingkat konsumsi tertinggi daging sapi murni.

Dalam acara tersebut, Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Gubernur NTT, Viktor Laiskodat menyaksikan proses Penandatanganan Kerja Sama (PKS) antara Dirut PD Dharma Jaya, Raditya Endra Budiman, dengan Dirut PT Flobamor, Agustinus Zadriano Bokotei, di Balaikota DKI, Jakarta Pusat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya