Polda Pastikan Sopir Transjakarta yang Tabrakan Bebas Alkohol

Kecelakaan Bus Transjakarta di Jalan MT Haryono, Jakarta Timur
Sumber :
  • dok Damkar Jakarta Timur

VIVA – Sopir Transjakarta yang tewas dalam kecelakaan beruntun dua unit bus yaitu J, dipastikan tidak berada dalam pengaruh alkohol dan narkoba, saat kejadian nahas itu terjadi. Hal ini diketahui berdasar pemeriksaan darah terhadap jasad J.

Tim Gabungan Gagalkan Penyelundupan 19 Kg Sabu dari Malaysia, Tangkap 5 Orang Tersangka

"Dari hasil visum sementara enggak ditemukan zat adiktif atau psikotropika," kata Kepala Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Argo Wiyono kepada wartawan, Rabu 27 Oktober 2021.

Argo mengungkap, keluarga J tinggal di kawasan Cianjur, Jawa Barat. Pihak kepolisian berkomunikasi lewat keponakannya yang berada di Jakarta.

Warga Pontianak Nekat Selundupkan Sabu Didalam Boneka ‘Hello Kitty’

"Kami masih tunggu pihak keluarga untuk beri izin sehingga bisa buat terang dari terjadinya kecelakaan ini," kata dia. 

Penyebab Kecelakaan Didalami

Mobil Pikap Sarat Muatan Terguling di Pamekasan, Belasan Orang Terkapar di Jalan

Bus Transjakarta.

Photo :
  • vivanews/Andry

Kuat dugaan, kecelakaan maut ini akibat kelalaian dari J. Namun, menurutnya hal tersebut masih perlu didalami lebih jauh. Argo mengatakan, pihaknya mengungkap sebuah kasus kecelakaan berdasarkan alat bukti. Bukti-bukti pendukung masih dikumpulkan guna memperkuat hasil olah TKP (Tempat Kejadian Perkara) dari pihak TAA (traffic accident analysis) Korps Lalu Lintas Polri.

"Iya patut diduga, tapi belum dipastikan sebagai penyebab utama. Kami masih kumpulkan bukti yang cukup jadi masih dini untuk menyimpulkan bahwa penyebabnya adalah kelalaian dari supir. Memang ada mungkin tapi kami belum bisa simpulkan. Sementara belum dapat menyimpulkan bahwa penyebab utamanya adalah kelalaian dari pengemudi bus Transjakarta. Mungkin masih ada faktor faktor (lain). Nantinya kalau sudah ada nanti pasti akan kami sampaikan," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, kecelakaan melibatkan dua unit bus Transjakarta di Jalan Letjen MT Haryono, Jatinegara, Jakarta Timur. Satu bus ditabrak dari belakang oleh bus lain.

"Benar, saya masih di TKP (Tempat Kejadian Perkara)," kata Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Argo Wiyono kepada wartawan, Senin 25 Oktober 2021.

Sementara itu, Kasi Laka Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Eko Setio Budi Wahono, menambahkan tabrakan beruntun ini tepatnya terjadi di depan Gedung Indomobil. Kecelakaan terjadi di dalam jalur busway.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya