Update Banjir Jakarta, BPBD: 38 RT Tergenang Air

Hujan deras (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat, informasi genangan saat ini hingga pukul 12.00 WIB ada 38 Rukun Tetangga (RT) atau 0,125 persen dari 30.470 RT yang ada di DKI Jakarta, Senin, 8 November 2021.

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

Untuk Jakarta Timur terdapat 29 RT terdiri dari Kelurahan Balekambang, dengan ketinggian 50 sentimeter dengan jumlah 1 RT.

"Penyebab dari luapan Kali Ciliwung dan curah hujan tinggi," kata Kepala BPBD DKI Jakarta, Mohammad Insaf kepada VIVA di Jakarta.

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

Untuk kelurahan Cililitan dengan ketinggian 70 cm dengan jumlah 2 RT. Penyebabnya sama yaitu dari Kali Ciliwung, Kelurahan Cawang. Ketinggian air 60 cm sampai dengan 140 cm dengan jumlah 7 RT. Penyebabnya sama yaitu luapan Kali Ciliwung. "Pengungsi di Cawang itu udah kembali ke rumah masing-masing," ujarnya.

Ilustrasi banjir

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

Sedangkan, genangan air di Kelurahan Bidara Cina dengan ketinggian 70 sampai 90 cm, dengan jumlah 3 RT. Penyebabnya luapan Kali Ciliwung. Kelurahan Kampung Melayu ketinggian 50 sampai dengan 170 cm dengan jumlah 16 RT. Penyebabnya juga luapan Kali Ciliwung.

"Ada 15 KK dan 65 jiwa yang mengungsi di Aula Kantor Kelurahan Kampung Melayu dan Aula Masjid Ittihadul Ikhwan RW 008," ujarnya.

Sedangkan, Jakarta Selatan terdapat 9 RT terdiri dari Kelurahan Pondok Pinang dengan Ketinggian air 50 sampai 90 cm dengan jumlah 7 RT. Penyebabnya luapan Kali Pesanggrahan.

Untuk Kelurahan Cipulir ketinggian air 70 cm dengan jumlah 1 RT. Penyebabnya luapan Kali Ciliwung dan curah hujan tinggi. Untuk Kelurahan Bintaro ketinggian 60 cm dengan jumlah 1 RT. Penyebabnya luapan Kali Krukut.  Adapun daerah Jakarta Utara dan Jakarta Barat sudah kering semuanya.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya