Sudah Sepekan Kebakaran Pabrik Korek Api di Tangerang Belum Padam

Pabrik Korek Gas di Kabupaten Tangerang yang Terbakar
Sumber :
  • VIVA/ Sherly

VIVA – Hingga Selasa 9 November 2021, atau hampir sepekan api yang membakar pabrik korek gas di Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang Banten, belum juga padam 100 persen.

Target Rampung 2025, Pupuk Kaltim Mulai Revamping Pupuk Tertuanya

Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD Kabupaten Tangerang, Abdul Munir mengakui bahwa pihaknya mengalami kendala dalam proses pemadaman api.

"Kita alami kendala, ada dua faktor yakni bahan yang sangat mudah terbakar dan sulit dipadamkan, serta korek api gas yang tertimpa reruntuhan hingga susah dicapai alat pemadam," katanya.

Senang Kendaraan Listrik Makin Menjamur, Jokowi Sebut Pabrik Baterai Beroperasi Bulan Depan

Bagian tersulit dalam proses pemadaman berada di area belakang atau gudang. Di mana untuk memadamkan api di area itu, pihaknya melakukan enam cara.

"Yang sulit itu di bagian belakang, kita sudah melakukan pemadaman secara maksimal, baik itu dengan cara di urai manual, lalu kita sisir lokasi, kemudian cara suntik, di jet atau tembak fokus, hingga semprot menyebar," jelasnya.

Ada Motor LIstrik Lucu nan Menggemaskan di Kemayoran, Segini Harganya

Kebakaran di pabrik korek api gas di Pakuhaji, Tangerang.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

Adanya hal ini, satu mobil pemadam kebakaran dan 6 petugas BPBD masih bersiaga di lokasi untuk terus memantau api yang sewaktu waktu kembali membesar.

"Kita masih siagakan petugas disana, untuk berjaga-jaga kalau api membesar," ungkapnya.

Kronologi Kebakaran Pabrik

Kebakaran di pabrik korek api gas di Pakuhaji, Tangerang.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

Polsek Pakuhaji, Polres Metro Tangerang Kota menjabarkan kronologi singkat peristiwa kebakaran di pabrik korek api gas di Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang. 

Kapolsek Pakuhaji Ajun Komisaris Polisi Dodi Abdulrohman mengatakan, titik api berawal dari area Quality Control (QC) atau bagian depan pabrik. Dimana informasi awal, terdapat percikan api dari korek api gas yang berada di area tersebut. 

"Jadi, saat itu masih banyak pekerja atau karyawan di dalam pabrik, kemudian terdapat beberapa karyawan yang melihat adanya percikan api dari susunan korek api gas di bagian QC," katanya, Rabu, 3 November 2021.

Melihat itu, seluruh karyawan yang berjumlah 80 orang langsung menyelamatkan diri melalui pintu evakuasi di bagian belakang.

"Pas ada percikan, sempat berusaha dipadamkan pakai APAR tapi tidak berfungsi, di sana semua pekerja langsung menyelamatkan diri lewat pintu evakuasi yang ada di bagian belakang karena kalau lewat depan sudah tidak memungkinkan, mengingat api berasal dari area depan," ujarnya. 

Kebakaran di pabrik korek api gas di Pakuhaji, Tangerang.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

Lanjut Dodi, para pekerja berhasil dievakuasi kurang lebih 15 menit. Lima menit kemudian setelah pekerja diselamatkan, muncul ledakan serta api membesar. "Pas kejadian api tidak langsung membesar, api membesar 20 menit kemudian setelah pekerja berhasil diselamatkan," ujarnya. 

Pada kejadian itu, seluruh gedung pabrik hangus terbakar, beberapa bagian dari gedung itu pun ambruk. Bahkan, terdata belasan kendaraan milik pekerja hangus terbakar. "Alhamdulillah untuk korban tidak ada, hanya saja kerugian materi, kita lihat gedung ini rusak, kemudian ada belasan kendaraan roda dua, dan empat yang turut hangus terbakar," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya