Pelaku Pemalakan di Wisma Atlet Ternyata Petugas Parkir Setempat

Ilustrasi tahanan diborgol.
Sumber :
  • ANTARA FOTO

VIVA – Tim Reskrim Polsek Pademangan Jakarta Utara, menangkap pelaku yang melakukan pemalakan terhadap TKW yang hendak melakukan karantina di Wisma Atlet, Pademangan Jakarta Utara. Aksi para pemalak ini terekam dalam video viral di media sosial.

KPK Pecat 66 Pegawai yang Terlibat Pungli Rutan

Dalam kasus ini pelaku pemalakan bukanlah orang jauh. Melainkan petugas parkir yang biasa bekerja di sekitar lokasi.

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Guruh Arief Darmawan mengatakan, pelaku adalah juru parkir resmi. Namun melakukan pungutan parkir di luar tarif resmi.

Parkir Liar Kian Menjamur di Minimarket, Seperti Apa Aturannya?

"Sudah kita amankan. Dia petugas parkir, cuma dia melakukan pungli," ujar Guruh dikonfirmasi, Jumat 12 November 2021.

Rp2 Juta Diamankan Diduga Hasil Pemalakan

Belajar dari Wanita Ngamuk ke Dishub karena Digembok Mobilnya, Pahami Aturan Parkir di Jalan

Pelaku pemalakan tersebut berinisial MS alias L (39), dan kini telah diamankan di Mapolsek Pademangan, berikut dengan barang bukti uang tunai Rp2 juta yang diduga sebagai hasil pungli pelaku.

"Saat ini kami masih melakukan pemeriksaan terhadap yang bersangkutan," ujarnya.

Pelaku mengaku melakukan pemalakan tersebut secara individu atau sendiri. Meski demikian, polisi masih mendalami apa pelaku merupakan bagian dari kelompok yang kerap melakukan pemalakan di kawasan Jakarta Utara atau memang bukan. Pengakuan pelaku, uang hasil memalak itu digunakannya untuk kepentingan sehari hari.

"Sementara pengakuannya sendiri, duitnya masuk ke kantong dia sendiri," ujarnya.

Pelaku Memalak Rp50 Ribu Sekali Parkir

Diketahui lokasi parkiran yang ada di Wisma Atlet, sejatinya dikelola oleh pengelola resmi dengan tarif resmi sesuai perjam. Sementara pelaku pemalakan tersebut langsung menembak harga Rp50 ribu untuk tiap mobil atau kendaraan yang akan parkir di lokasi tersebut.

"Tarif resminya kan berlaku per jam, tetapi dia nggak mau, dia minta Rp50 ribu," ujar Guruh.

Diberitakan sebelumnya, aksi pemalakan kembali terjadi dengan korbannya seorang TKW yang hendak melakukan karantina di Wisma Atlet, Pademangan Jakarta Utara.

Mobil yang akan parkir tersebut dimintai uang Rp50 ribu oleh petugas parkir yang sedang berjaga. Aksi pemalakan tersebut berhasil terekam kamera amatir dan viral di media sosial. Peristiwa pemalakan itu diketahui terjadi pada Senin 25 Oktober 2021 dan viral pada Kamis 11 November 2021.

Dalam tayangan video tampak seorang pria mengenakan rompi cokelat dan berkacamata hitam menghadang mobil yang akan parkir. Dia meminta uang Rp50 ribu.

TKW yang berada di dalam mobil tersebut keberatan dimintai sejumlah oleh pria tersebut. Namun akhirnya memberikan uang kepada pria tersebut melalui sopir, lantaran terus dipaksa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya