Anies: Pandemi Hadirkan Peluang untuk Inovasi Perkotaan

Gubernur DKI Anies Baswedan.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka kegiatan Jakarta Investment Forum (JIF) 2021 pada Kamis, 11 November 2021. Anies menyampaikan masa pandemi COVID-19 jadi tantangan besar lantaran seluruh sistem kesehatan di dunia masih belum siap menghadapi virus berbahaya tersebut.

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

Menurutnya, bukan hanya kesehatan melainkan juga ekonomi masih jadi persoalan di berbagai negara. 

"Tidak hanya di Jakarta tetapi di seluruh dunia. Mayoritas sistem kesehatan dunia tidak siap saat virus pertama kali muncul di awal tahun 2020," kata Anies, dikutip pada Jumat, 12 November 2021.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Namun, Anies berpandangan masa pandemi sebenarnya juga bisa jadi peluang untuk mendorong inovasi perkotaan hingga perencanaan pembangunan kota.

"Pandemi juga menghadirkan peluang yang memungkinkan kita untuk mendorong lebih banyak inovasi di kota-kota kita, cara hidup dan untuk mempercepat rencana pembangunan kota," tutur eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut.

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Photo :
  • istimewa

Dengan kondisi itu, Anies pun mengajak para investor agar bisa berkolaborasi dalam pemulihan kondisi di Ibu Kota. Menurutnyam pemulihan ekonomi jadi indikator dalam menghadapi pandemi.

“Ya, Jakarta sebenarnya benar-benar untuk sebagian besar bisnis siap untuk lebih banyak investasi dan peluang terbuka lebar sebagai bagian dari strategi pemulihan,” jelas Anies.

Dia juga mengatakan dengan JIF kali ini diharapkan pemangku kepentingan bisa berkolaborasi untuk belajar dan berinvestasi di Jakarta. Maka itu, ia menekankan pihaknya akan terus berkomitmen dalam memberikan kesempatan bisnis kepada semua investor. 

Anies mengatakan demikian karena Jakarta agar jadi pusat kota yang inklusif, tangguh, dan berkelanjutan dengan investasi secara cepat.

“Jadi kami berkomitmen untuk memberikan dan memberikan kesempatan yang inklusif atau setara kepada semua investor. Jadi, kami berharap partisipasi Anda akan mengubah kota ini menjadi pusat kota, tempat kita semua tinggal di ibu kota di mana transformasi jauh lebih cepat," tutur Anies.

Untuk diketahui, JIF adalah forum investasi tahunan yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Dengan JIF, Pemprov DKI berharap bisa promosikan Jakarta sebagai kota ramah investasi sekaligus kota kolaborasi.

Adapun untuk JIF 2021 mengusung tema terkait Urban Health, Urban Mobility, dan Urban Tourism. Pembicara dalam forum ini antara lain Menteri Koordinator Maritin dan Investasi Luhut Pandjaitan, Jakarta Experince Board (JEB), Kadinkes DKI Jakarta Widyastuti, hingga Wali Kota London Sadiq Khan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya