Amankan Warga, Anies Minta Tim PLN Bersiap Saat Banjir di Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai diskusi tentang pemulihan ekonomi
Sumber :
  • VIVA / Nur Faishal (Surabaya)

VIVA – Guna menghindari terjadinya sengatan listrik saat hujan lebat dan adanya banjir di Ibu Kota, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan PT PLN akan melakukan pengelolaan listrik bersama.

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan dari hasil pembicaraan dengan PLN, dijelaskan bahwa akan ada tim  yang turut mengamankan wilayah DKI Jakarta saat terjadi banjir. 

"PLN melalui timnya akan turut mengamankan wilayah DKI Jakarta saat terjadi banjir agar tidak tidak ada warga yang menjadi korban sengatan listrik," kata Anies, di Taman Kota Waduk Pluit, Jakarta, Minggu 14 November 2021.

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

Baca juga: Kronologis Terbakarnya Tangki di Kilang Pertamina Cilacap

Anies mengatakan, warga DKI Jakarta pernah menjadi korban sengatan listrik pada saat banjir. 

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus dan Timbulkan Korban Jiwa, KAI Soroti Disiplin Lalu Lintas

"Jangan sampai terjadi lagi korban meninggal dunia karena sengatan listrik pada saat banjir. Karena itu, pengelolaan listrik sangat penting sekali," kata Anies.

Diketahui, PLN menyiapkan 2.356 petugas siaga dalam penanganan kelistrikan menghadapi musim hujan di Jakarta. PLN juga menyiagakan "Disaster Recovery Center" sebagai tempat pemantauan kelistrikan serta posko-posko petugas pelayanan teknis.

"Keselamatan jiwa manusia adalah hal paling utama. Pada saat turun hujan lebat yang mengakibatkan banjir, maka listrik terpaksa dipadamkan sementara," katanya.

Menurut Anies, bahaya yang bisa terjadi yaitu tersengat aliran listrik karena air merupakan salah satu penghantar listrik yang bisa mengalirkan aliran listrik ke tubuh manusia.

Beberapa kondisi yang menyebabkan PLN terpaksa memadamkan listrik, yaitu rumah warga kebanjiran, aset PLN kebanjiran, atau rumah warga dan aset PLN kebanjiran.

Secara rutin, PLN melakukan pemeriksaan terhadap tiang dan kabel listrik untuk memastikan penyaluran energi listrik ke masyarakat dalam kondisi normal dan aman.

Banjir di Jalan Bangka di Jakarta Selatan.

Photo :
  • VIVA/Vicky Fajri

Hal ini untuk mencegah adanya arus bocor yang bisa membahayakan masyarakat terutama saat banjir. Masyarakat bisa melaporkan ke PLN jika menjumpai tiang dan kabel listrik yang membahayakan.

Anies mengatakan, seluruh unsur tiga pilar mulai dari Polisi, TNI, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, diharapkan dapat bekerja bersama untuk menggalang seluruh kekuatan, bersama masyarakat, bahu-membahu ketika menghadapi ancaman banjir.

"Ya di Jakarta kami siap, tapi yang dihadapi Jakarta bukan hanya persoalan di kota ini, tapi semuanya. Kami selalu menggarisbawahi, yang utama ialah semua warga selamat. Tidak ada yang meninggal dunia karena terdampak banjir," kata Anies.

Anies menjelaskan, ketika curah hujan melampaui kapasitas, maka semua bekerja melakukan evakuasi, menyelamatkan semua warga.

Anies juga mengingatkan semua pihak, untuk siapsiaga bencana serta mewaspadai ancaman pandemi COVID-19, terutama saat menyiapkan tenda-tenda pengungsian di tempat yang berisiko tinggi penularan COVID-19.

"Tenda yang disiapkan saat ini adalah tenda yang sesuai dengan kondisi pandemi, sehingga menghindarkan penularan jika sampai terjadi kasus di tempat-yang sedang diisolasi," kata Anies. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya