Kafe di Kemang Utara Berdiri di Atas Saluran Air, Kok Bisa?

Bangunan kafe yang berdiri di atas kali di Kemang Utara akan dibongkar
Sumber :
  • VIVA/Vicky Fazri

VIVA – Sejumlah bangunan berdiri di atas saluran kali penghubung di kawasan Kemang Utara, Mampang Prapatan, terancam dibongkar, karena dianggap sebagai pemicu banjir karena menghambat laju air. 

Banjir Ekstrem, Seberapa Parah Curah Hujan di Dubai?

Bangunan-bangunan diatas saluran air di Jalan Kemang Utara, 01/04, Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan itu berdiri sudah sejak lama. Salah satu bangunannya digunakan sebagai kafe atau kedai kopi.

"Saya kan baru dua bulan disini (jabat sebagai Lurah Bangka), tapi informasi yang kami terima itu bangunan di sekitar Kemang Utara 33 itu sudah cukup lama, dari tahun 2005 atau 2007," kata Lurah Bangka, Firdaus Aulawy R pada wartawan, Selasa,16 November 2021

Curah Hujan Ekstrem di Dubai Terparah dalam 75 Tahun, 18 Orang di Oman Tewas

Firdaus mengatakan meski sampai saat ini pihaknya belum berkomunikasi dengan pemilik bangunan tapi secepatnya akan melakukan pengecekan bersama pemerintah tingkat kota ke lokasi.

"Diatas saluran kan memang tak boleh ada bangunan sehingga ada potensi menyebabkan banjir," imbuhnya.

Pohon Tumbang Sempat Tutup Jalan Margonda Akibat Hujan Deras

Pantauan VIVA di lokasi, bangunan yang berdiri diatas saluran air tersebut tepat berada di Kemang Utara 33, Jalan Kemang Utara, Bangka, Mampang, Jakarta Selatan. Kali penghubung yang dibangun bangunan itu memisahkan komplek perumahan mewah dengan pemukiman warga. 

Petugas dari SDA pun kerap mengeruk saluran kali tersebut apabila banjir melanda di kawasan Kemang Utara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya