Erick Thohir Disebut Tunggu Penugasan untuk Bantu Balapan Formula E

Menteri BUMN Erick Thohir.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA - Akademisi Universitas Al Azhar Ujang Komarudin menyatakan Menteri BUMN Erick Thohir kemungkinan menunggu penugasan Presiden Jokowi untuk membantu balapan mobil listrik atau Formula E di Jakarta.

Erick Imbau BUMN Beli Dolar AS Besar-besaran, Menko Perekonomian hingga Wamenkeu Bilang Gini 

"Harusnya berpikirnya demi kepentingan bangsa dan negara," kata Ujang di Jakarta, Selasa, 16 November 2021.

Menteri BUMN dan Ketua Pelaksana KPCPEN Erick Thohir

Photo :
Timnas Indonesia U-23 Pasti Raih Hasil Bagus, Main 9 Orang Saja Bisa Repotkan Qatar

Bawa Nama Bangsa

Ujang menilai Kementerian BUMN dapat membantu kegiatan dengan level internasional itu. Alasannya, penyelenggaraan balap mobil listrik Formula E tersebut akan membawa nama bangsa dan negara.

Justin Hubner Gabung, Waktunya Indonesia U-23 Mati-matian Raih Kemenangan

Terlebih, ia melihat Presiden Jokowi sudah memberikan sinyal positif dukungan penyelenggaran Formula E di DKI Jakarta dengan menantang Vice Champion LMP2 FIA WEC 2021 Sean Gelael.

Baca juga: Digempur Fitnah, Erick Thohir Dinilai Masih Apik & Fokus Kerja

Tergantung Pemerintah Pusat

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir merespons terkait dengan kemungkinan BUMN akan membantu penyelenggaraan event balapan mobil listrik Formula E di Jakarta.

Erick mengaku sangat tergantung pada arahan pemerintah pusat, khususnya Presiden Joko Widodo, untuk terlibat menyukseskan event internasional, termasuk Formula E dalam rangka mempromosikan Indonesia.

Balap mobil Formula E

Photo :
  • Mercedes

Ajang Formula E merupakan dukungan untuk program Jakarta Langit Biru yang diusung oleh pemerintah daerah selaras dengan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

Formula E menjadi kesempatan menuju solusi untuk mengatasi polusi udara di wilayah perkotaan, terlebih Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga gencar menyosialisasikan uji emisi kendaraan untuk menekan polusi udara.

Badan Umum Milik Daerah DKI Jakarta, PT Jakarta Propertindo atau Jakpro (Perseroda), menyatakan kepastian lokasi penyelenggaraan balapan mobil listrik atau Formula E di Jakarta diumumkan sekitar Desember 2021 setelah melalui penentuan dari penyelenggara Formula E Operation (FEO). (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya