4 Hari Operasi Zebra, Pakai Knalpot Bising Pelanggaran Terbanyak

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro AKBP Argo Wiyono.
Sumber :
  • Youtube Bro Ron DM

VIVA – Kepala Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Argo Wiyono mengatakan selama empat hari Operasi Zebra Jaya 2021 digelar, ada 5.470 pengendara yang melakukan pelanggaran ditindak.

Polisi Ungkap Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Diduga Menistakan Agama

"Selama empat hari Operasi Zebra Jaya, 4.460 pengendara diberi teguran, sedangkan 1.010 ditilang," ucap Argo kepada wartawan, Jumat 19 November 2021.

Kata dia, pelanggaran terbanyak yang dilakukan pengendara selama empat hari adalah memakai knalpot bising. Dimana tercatat ada sebanyak 255 pelanggar. Selain itu, ada 22 pelanggar yang menggunakan rotator tidak untuk peruntukannya.

TikToker Galih Loss Resmi Ditahan, Terancam Hukuman Penjara 6 Tahun

Ilustrasi operasi zebra

Photo :
  • ANTARA Foto/Andreas Fitri Atmoko

Argo menambahkan, pihaknya akan menegur bengkel-bengkel yang menjual knalpot bising di Ibu Kota. Sejauh ini, belum ada sanksi bagi bengkel-bengkel tersebut. Argo menilai untuk sanksi akan diberikan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta apabila bengkel-bengkel tersebut tidak berizin.

Polisi Tetapkan TikToker Galih Loss Jadi Tersangka Kasus Dugaan Penodaan Agama

"Sanksi tidak ada, kita (polisi) lebih ke memberikan sosialisasi dan imbauan. Mungkin kalau sanksi itu jatuhnya kalau misal tokonya tidak berizin dan itu masuk ranah Satpol PP atau Reskrim misal (bengkel) ilegal," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menggelar Operasi Zebra Jaya 2021 mulai 15 November 2021 hingga 28 November 2021. 

"Hari Senin besok tanggal 15 November sampai 28 November selama 14 hari kami akan laksanakan Operasi Zebra Jaya 2021," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Jumat, 12 November 2021.

Ada sejumlah target sasaran dalam Operasi Zebra Jaya 2021. Salah satu yang jadi perhatian adalah pemakaian nomor polisi RFS, RFD, dan sebagainya. Pasalnya masih ditemui pemakaian pelat ini yang asal pasang sendiri.

Baca juga: 775 Kendaraan Terjaring Operasi Zebra Hari Pertama, Terbanyak Motor

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya