Pemuda Pancasila Tak Terima Disamakan dengan FPI

Pengacara Razman Arif Nasution
Pengacara Razman Arif Nasution
Sumber :
  • VIVA/Putri Nur Ifdah

VIVA – Ketua Pengurus Pusat Badan Penyuluhan dan Pembelaan Hukum (BPPH) Pemuda Pancasila (PP) Razman Arif Nasution mengatakan agar jangan ada pihak yang menyamakan organisasi masyarakat Pemuda Pancasila. Hal ini dia sampaikan buntut dari ucapan yang dilontarkan Junimart Girsang baru-baru ini.

“Perlu saya tegaskan bahwa saudara Junimart Girsang perlu sadari bahwa PP tidak patut tidak pantas disejajarkan dengan organisasi lain yang sudah dibubarkan atau tidak diperpanjang izinnya,” kata Razman saat jumpa pers bersama awak media di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin, 22 November 2021

Razman menyebut contoh seperti FPI maupun Hizbut Tahrir (HTI) bukanlah jenis ormas yang sama sebagaimana PP.

“Jadi PP bukan lembaga, ormas yang disamakan dg FPI apalagi FBR, PP punya anggota 20 juta di seluruh Indonesia dan kami patut menduga ada apa maksud dan tujuan saudara Junimart Girsang mengeluarkan pernyataan ini,” kata dia. 

Dikatakan Razman, apabila ada permasalahan yang terjadi di lapangan antara anggota maka gesekan di antara ormas lain juga bisa terjadi. 

“Kalaulah ada masalah sedikit terkait dengan gesekan antara PP dan FBR, kenapa dia tidak bicara ada gesekan ormas yang lain di daerah yang lain, di Sumatera Utara ada gesekan yang tidak berhadapan dengan FBR dan PP,” tutur Razman.

Dijelaskannya, PP saat ini mempunyai paradigma baru yang sesuai dengan harapan zaman yakni melakukan inovasi program kerja bahwa PP mengedepankan otak dibandingkan otot.