Buruh Mau Demo di Istana, Catat Pengalihan Arus Lalu Lintasnya

Demo buruh (foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

VIVA – Kepolisian menyiapkan rencana pengalihan arus lalu lintas di kawasan Monumen Nasional buntut demo buruh hari ini, Senin 29 November 2021. Namun, rencana pengalihan arus bersifat situasional.

PA 212 Mau Demo di Depan MK, Lebih dari 3 Ribu Aparat Gabungan Dikerahkan

"Situasional, melihat perkembangan," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Senin 29 November 2021.

Akibat demo ini, rencananya, kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha alias Patung Kuda Indosat yang mengarah utara akan ditutup. Kemudian, Harmoni mengarah ke selatan juga akan ditutup. Kawasan yang mengarah ke Istana juga ditutup. Namun, ada pengecualian bagi pejabat. Sampai sekarang belum ada penutupan jalan meski polisi telah menyiapkan rekayasa lalin.

Pj Gubernur Papua Tengah Minta Insiden Demo Penolakan Militerisme di Nabire Jangan Terulang

Sebelumnya diberitakan, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menyatakan, menolak ketetapan kenaikan upah minimum provinsi (UMP) yang hanya 1,09 persen. Untuk itu, aksi demonstrasi akan dilaksanakan pada 29-30 November 2021.

Demonstrasi untuk mengungkapkan penolakan tersebut akan dilakukan di Istana Negara, Balai Kota DKI Jakarta, hingga Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker). Tiga tempat ini dianggap sebagai biang kerok keputusan rendahnya kenaikan UMP.

Istana Jelaskan Kronologi Kericuhan Saat Open House Presiden Jokowi

"Langkah yang akan diambil sudah disepakati oleh 6 konfederasi dan 60 federasi serikat pekerja di tingkat nasional," kata Ketua KSPI Said Iqbal, Senin, 22 November 2021.

Baca juga: Tolak Kenaikan UMP 1,09%, Buruh Demo di Istana 29-30 November 2021

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya