Polisi: Satgas COVID-19 Tidak Izinkan Reuni 212 di Jakarta

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace

VIVA – Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya mengatakan Satuan Tugas COVID-19 DKI Jakarta tidak mengeluarkan rekomendasi kegiatan reuni 212 di wilayah Ibu Kota. Namun, polisi tidak menegaskan apakah ini adalah alasan pihak panitia reuni 212 memindahkan lokasi acara ke Sentul, Bogor. 

Kombes Wira Blak-blakan Kapan Panggil Pendeta Gilbert soal Kasus Penistaan Agama

"Satgas COVID-19 DKI tak berikan rekomendasi terhadap kegiatan-kegiatan yang bersifat kumpulkan keramaian masyarakat," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Zupan di Markas Polda Metro Jaya, Selasa 30 November 2021.

Zulpan menyebut, hal ini pun sejalan dengan instruksi pemerintah terkait penanganan pandemi COVID-19. Pihaknya mengapresiasi langkah panitia acara reuni 212 yang memindahkan lokasi pelaksanaan ke Masjid Az-Zikra, Sentul, Bogor. Dia mengatakan, pihaknya selalu mengutamakan keselamatan masyarakat. Termasuk di tengah pandemi COVID-19. 

Eks Ajudan SYL Ungkap Firli Minta Uang Rp50 Miliar, Apa Kabar Berkas Kasus Pemerasan di Polri?

"Jadi ini sejalan dengan instruksi pemerintah agar kita sedianya bisa hindari kerumunan masyarakat terkait situasi pandemi COVID-19," kata dia.

Belum Keluarkan Izin

Polisi Sebut Wanita yang Ditemukan Tewas di Dermaga Pulau Pari Kerja Open BO

Sebelumnya diberitakan, Polda Metro Jaya belum mengeluarkan izin terkait rencana digelarnya aksi unjuk rasa Reuni 212. Alasannya, ada persyaratan administrasi yang belum dipenuhi atau dilengkapi oleh penyelenggara kegiatan aksi Reuni 212.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan, mengatakan panitia sudah ada yang mengajukan pemberitahuan izin keramaian kepada Polda Metro Jaya terkait aksi Reuni 212 pada Kamis, 18 November 2021.

“Namun, kita belum memberikan rekomendasi karena kelengkapan administrasi persyaratan-persyaratan belum dipenuhi,” kata Zulpan di Mapolda Metro Jaya pada Kamis, 25 November 2021.

Persaudaraan Alumni 212 rencananya akan menggelar reuni pada Desember 2021 ini. Kabar itu disampaikan oleh Ketua Umum Persaudaraan Alumni (PA) 212, Slamet Maarif.

"Insya Allah (akan digelar)," tulis Slamet Maarif melalui pesan singkat kepada VIVA di Jakarta, Sabtu, 6 November 2021.

Baca juga: Reuni 212 di Pesantren Azzikra, Wagub DKI: Panitia Bijak dan Adil

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya