Detik-detik Mahasiswi UPN Veteran Jakarta Tewas Usai Ikut Menwa

Ilustrasi Anggota Resimen Mahasiswa (Menwa) mengikuti pawai bela negara
Ilustrasi Anggota Resimen Mahasiswa (Menwa) mengikuti pawai bela negara
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

VIVA – Rektor Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta Dr. Erna Hernawati meminta komite disiplin untuk segera memproses peristiwa kematian mahasiswa yang tergabung dalam resimen mahasiswa (menwa).

"Rektor akan memutuskan berdasarkan data dan fakta dari Komisi Disiplin. Aturan sudah ada, keputusan Rektor akan berdasarkan peraturan," kata Erna dalam keterangan tertulis UPNVJ yang diterima ANTARA di Jakarta, Selasa.

Erna mengatakan telah melakukan beberapa kali pertemuan untuk membahas kejadian tersebut. Setelahnya, dibentuklah komite disiplin tingkat universitas pada 1 November 2021 untuk mencari data dan fakta kejadian itu.

Setelah pembentukan, dia meminta komite disiplin untuk segera memproses kejadian tersebut guna memberikan rekomendasi kepada pihaknya terkait dengan kemungkinan adanya pemberian sanksi terhadap pengurus Menwa UPNVJ.

Lebih lanjut dia menegaskan, terkait dengan permintaan mahasiswa supaya Menwa UPNVJ dibubarkan, pihak universitas mempersilahkan mahasiswa untuk melakukan kajian terlebih dahulu berdasarkan metode penelitian yang jelas.

Hal tersebut perlu dilakukan karena keberadaan Menwa tidak hanya berada di lingkungan UPNVJ saja. Sehingga dari data kajian tersebut, nantinya akan disampaikan pada pihak yang berwenang memproses kasus tersebut.

Ia turut mengatakan setelah mengetahui insiden tersebut, universitas segera mengirimkan perwakilan untuk menangani langsung jenazah mahasiswa tersebut dengan pendampingan keluarga serta menggelar doa bersama yang dihadiri oleh senat UPNVJ.