Polisi hingga TNI Jaga Sidang Munarman Meski Digelar Online

Pengadilan Negeri Jakarta Timur, PN Jaktim
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Polres Metro Jakarta Timur telah menyiapkan rencana pengamanan sidang perdana perkara dugaan tindak pidana terorisme dengan terdakwa Munarman, pada 1 Desember 2021.

Anak Buah SYL Video Call Bahas 'Orang KPK' dan 'Ketua': Siapin Dolar Nanti Kami Atur

Kapolres Metro Jakarta Timur, Komisaris Besar Polisi Erwin Kurniawan mengaku pihaknya sudah melakukan pengecekan kembali ke lokasi pagi ini. Hal itu dilakukan tak lain guna memastikan kalau lokasi sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Timur steril dari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Sudah melakukan apel pengecekan baik lokasi maupun personel baik perlengkapannya," kata dia kepada wartawan, Rabu 1 Desember 2021.

Ketua MK Minta Semua Pihak Hormati Pembacaan Putusan: Tidak Ada Interupsi

Munarman ditangkap Densus 88

Photo :
  • ANTARA

Erwin merinci, sedikitnya ada 300 personel gabungan dari unsur TNI, Polri, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang dikerahkan guna mengawal jalannya persidangan. Namun, kata Erwin, sidang dilakukan secara daring. Hanya perangkat sidang yang hadir. Sementara itu, terdakwa Munarman tidak akan dihadirkan.

Babak Akhir Sidang Sengketa Pilpres, Ganjar Harap Hakim MK beri Putusan Objektif

"Adapun sidang dilaksanakan secara online, karena yang hadir hanya perangkat sidang. Sementara para terdakwa ada di rutan masing-masing," katanya lagi.

Perkara Munarman telah teregister dengan nomor perkara 925/Pid.Sus/2021/PNJkt.tim pada Selasa 16 November 2021 lalu di Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Dalam rincian perkara itu tertulis klasifikasi perkara berbentuk kejahatan terhadap negara.

Munaman juga telah ditahan di Rutan Polda Metro Jaya oleh Densus 88 Polri sejak 7 Mei 2021. Munarman diduga terlibat dalam sejumlah rencana aksi terorisme di Indonesia.

Polisi menduga Munarman telah mengikuti baiat di beberapa kota, seperti Makassar, Jakarta, dan Medan. Munarman ditangkap Densus di rumahnya, Pamulang, Tangerang Selatan, Selasa 27 April 2021.

Baca juga: PN Jaktim Jadwalkan Sidang Perdana Munarman pada 1 Desember 2021

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya