Antisipasi Reuni 212, Jalan di Sekitar Monas Ditutup

Polisi melakukan penutupan jalan di sekitar Monas, Jakarta Pusat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Willibrodus

VIVA – Petugas Polda Metro Jaya mulai melakukan penutupan jalan di sekitar Monas, Jakarta Pusat. Hal tersebut dilakukan untuk  mengantisipasi rencana kegiatan reuni 212, Kamis, 2 Desember 2021.

Eks Ajudan SYL Ungkap Firli Minta Uang Rp50 Miliar, Apa Kabar Berkas Kasus Pemerasan di Polri?

Pantauan di lokasi Kamis dini hari ini, tepat pukul 00.00 WIB, seluruh jalan di sekitar Monas maupun Istana Merdeka mulai ditutup menggunakan barrier maupun kawat berduri. Lalu lintas dari arah Tugu Tani diluruskan ke arah Masjid Istiqlal, lalu diarahkan ke Pasar Baru hingga Jalan Gunung Sahari.

Sementara itu, lalu lintas dari Sudirman-Thamrin menuju Patung Kuda dibelokkan ke kiri Jalan Kebon Sirih. Lalu lintas dari arah Kota Tua dibelokkan ke Jalan Juanda.

Polisi Sebut Wanita yang Ditemukan Tewas di Dermaga Pulau Pari Kerja Open BO

Setiap titik penyekatan menggunakan water barrier berwarna oranye dan juga plang bertuliskan Restricted Area.

Pada titik aksi yang direncanakan, yakni di Patung Kuda terdapat dua unit mobil barikade polisi, namun kawat berduri belum digelar. Sementara di Jalan Medan Merdeka Timur ke arah Istana Merdeka atau Jalan Medan Merdeka Utara mulai digelar kawat berduri.

100 Ribu Pendukung Prabowo-Gibran Diklaim Bakal Aksi di MK Besok, Polri Lakukan Ini

Beberapa kendaraan Resmob Polda Metro Jaya juga melakukan patroli di sekitar Monas dan Istana Merdeka. Mobil-mobil tersebut akan menyisir setiap sudut untuk mengantisipasi adanya pergerakan massa menuju lokasi aksi.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo (tengah)

Photo :
  • Instagram @tmcpoldametro

Sebelumnya diberitakan, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, penutupan jalan akan berlaku mulai Rabu malam pukul 24.00 WIB hingga Kamis pukul 21.00 WIB.

"Area yang akan ditutup area di sekitar Patung Kuda dan kawasan Monas. Jadi semua yang berwarna merah (sambil menunjuk peta) ini dinyatakan kawasan terbatas atau restricted area," kata Sambodo kepada awak media di Monas, Jakarta Pusat, Rabu.

Sambodo menambahkan, bahwa semua jenis kendaraan tidak diperbolehkan melintasi kawasan tersebut. Ia pun menjelaskan titik penyekatan di sekitar kawasan Monas.

"Pertama dari simpang Kebon Sirih-Thamrin ini sudah kita tutup. Kemudian jalan Budi Kemuliaan, Jalan Museum, Jalan Abdul Muis, Harmoni, Bunderan Veteran III, Gambir menuju Istana, dan Kedutaan Besar Amerika Serikat," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya