Tak Hanya Reuni 212, Ternyata Ada 9 Demo Lain di Jakarta Hari Ini

Aksi PA 212 tertahan di Jalan MH Thamrin.
Sumber :
  • VIVA/Wilibrodus

VIVA – Bukan cuma reuni 212, beberapa orang menggelar aksi unjuk rasa juga di Ibu Kota, Kamis 2 Desember 2021. Berdasar data yang dihimpun, ada aksi lain pada 9 titik di Jakarta Pusat.

PA 212 Mau Demo di Depan MK, Lebih dari 3 Ribu Aparat Gabungan Dikerahkan

Namun, waktunya tidak sama. Untuk aksi reuni 212 mereka sudah datang sejak pagi pukul 08.00 WIB. Kemudian, pada pukul 10.00 WIB ada aksi dari Himpunan Mahasiswa Islam cabang Jakarta Pusat. Mereka mau aksi di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Gambir, Jakarta Pusat.

Lalu ada juga aksi dari aliansi Pelayanan Advokasi untuk Keadilan dan Perdamaian (PADMA) Indonesia di kantor Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta menyikapi Hari Anti Kekerasan terhadap perempuan Internasional dan dukungan kemanusiaan terhadap Ibu Rohani Lachiram Parvani. Aksi digelar pukul 10.00 WIB.

Pj Gubernur Papua Tengah Minta Insiden Demo Penolakan Militerisme di Nabire Jangan Terulang

Baca juga: Aksi PA 212 Tertahan Polisi di MH Thamrin, Situasi Sempat Memanas

Pada pukul 11.00 WIB, Pengurus Besar Kesatuan Mahasiswa Islam (PB KMI) mu melakukan aksi di kawasan Patung Kuda dengan tuntutan meminta usut tuntas tragedi KM 50 dan menuntut pembebasan Habib Rizieq Shihab, Habib Hanif Alattas dan Andi Tatat. 

3 Polisi Tumbang Dilempar Batu Massa Demo Ricuh Tolak Militerisme di Papua

Lalu, pada jam yang sama, DPP LSM Masyarakat Peduli Pemantau Anggaran Negara (MAPPAN) melakukan aksi unjuk rasa di kantor Kementerian ESDM.

Massa aksi reuni 212

Photo :
  • VIVA/Wilibrodus

Kemudian, pukul 13.00 WIB Koalisi Masyarakat Indonesia (KOMANDO) berencana melakukan aksi unjuk rasa di kantor Kementerian BUMN dengan tuntutan meminta pengusutan dugaan adanya nepotisme dan tindakan oligarki di tubuh BUMN. Pada jam yang sama, Gerakan Pemuda Indonesia berencana melakukan aksi unjuk rasa di kantor Pusat Bank DKI.

Aliansi Mahasiswa dan Pemuda untuk Transparansi, pada jam yang sama juga berencana melakukan aksi unjuk rasa di kantor Pusat Bank DKI meminta pengusutan dugaan pelanggaran dalam pemberian dana talangan formula E oleh Bank DKI. 

Kemudian, Koalisi Mahasiswa Pemerhati Fintech juga akan melakukan aksi pada jam yang sama di kantor Pusat OJK. 

Dan terakhir, pada pukul 16.00 WIB, Jaringan Solidaritas Korban untuk Keadilan (JSKK) berencana melakukan aksi damai di depan Istana Negara dengan tuntutan penuntasan pelanggaran HAM di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya