Respons Anak Buah Irjen Fadil soal Sindiran Jokowi Sowan ke Ormas

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace

VIVA – Polda Metro Jaya mengklaim pihaknya siap mengikuti instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar tidak sowan dengan sesepuh organisasi masyarakat yang kerap buat keributan. 

Risma dan Menteri PKB Tak Ikut Buka Puasa Bersama Jokowi, Budi Arie: Jangan Didramatisir

"Apa yang disampaikan oleh Pak Presiden itu luar biasa, kami apresiasi, kami siap laksanakan dan kami sudah laksanakan jauh-jauh hari sebelumnya sesuai dengan perintah Pak Kapolda," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Zulpan kepada wartawan, Jumat 3 Desember 2021.

Zulpan mengatakan, instruksi dari Jokowi itu pun akan disampaikan dan dijalankan seluruh jajaran Polres dan Polsek di wilayah hukumnya. Mantan Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan itu mengatakan, Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran sudah menyampaikan kepada jajarannya agar tidak perlu sowan kepada ormas-ormas itu. Zulpan menambahkan, bila masyarakat mendapati ada anggota polisi yang sowan ke ormas, bisa segera melaporkannya.

Jokowi Enggak Bahas Pemerintahan Prabowo saat Buka Puasa Bersama Menteri di Istana

"Dalam rangka penegakan hukum yang berkeadilan tidak perlu sowan-sowan ke ormas, buat apa? Kalau ormasnya salah kami tindak, seperti Pemuda Pancasila salah kami tindak. FBR salah ditindak. Tidak perlu sowan-sowan. Polda Metro tidak ada sowan-sowan ke ormas. Kalau ada sampaikan ke saya," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi buka-bukaan soal fenomena Kapolda dan Kapolres yang baru menjabat di suatu wilayah. Dia temukan, pejabat kepolisian itu malah sowan kepada sesepuh organisasi masyarakat (ormas) yang terang-terangan melanggar hukum. 

KPU Tolak Tanggapi Tudingan Nepotisme Jokowi ke Prabowo-Gibran

"Ada kapolda baru, ada kapolres baru, malah datang kepada sesepuhnya ormas yang sering membuat keributan. Bener ini. Saya tanya kepada kapolres. Kenapa bapak melakukan ini? Supaya kotanya kondusif," ucap Jokowi di acara pengarahan Kasatwil di Badung, Bali 3 Desember 2021.

Jokowi mengingatkan agar Polisi punya wibawa. "Hati-hati jangan menggadaikan kewibawaan dengan sowan kepada pelanggar hukum. Banyak ini saya lihat. Saudara-saudara harus memiliki kewibawaan. Polri harus memiliki kewibawaan," kata Jokowi.

Baca juga: Disindir Jokowi soal Kapolda-Kapolres Sowan ke Ormas, Ini Kata Polri

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya