Warga Bekasi Positif COVID-19 Setelah Pulang dari Turki

Ilustrasi hasil tes darah positif Virus Corona COVID-19
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Warga Bekasi dinyatakan positif COVID-19 setelah melakukan perjalanan dari Turki. Hal itu diungkap setelah Pemerintah Kota Bekasi melakukan testing kepada warganya yang baru saja melakukan perjalanan dari luar negeri.

Viral Imam Masjid di Turki Ajak Main Anak-anak di Masjid, Warganet: di Indo Mah Boro-boro

"Umurnya 71 tahun, yang baru dari Turki positif, kami sedang tangani," kata Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, Selasa 7 Desember 2021.

Rahmat menambahkan, warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 sudah ditangani. Dan kini, kondisinya sudah menjalani isolasi mandiri. 

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Meski begitu, kata dia, pihaknya belum ingin berspekulasi apakah warganya terpapar varian baru COVID-19 dari Afrika, Omicron. Namun, dia menjelaskan, biasanya antisipasi Omicron dilakukan di perbatasan negara.

"Antisipasi Omicron ada di pintu gerbang negara, kalau di Bekasi belum, karena masuknya antar negara tidak di dalam," ujar Rahmat.

Dewan Keamanan PBB Dikritik karena Gagal Tegakkan Resolusi saat Serangan di Gaza Meningkat

Makanya, setiap warga Indonesia yang kembali dari luar negeri akan dilakukan testing. Untuk itu dia meyakini, deteksi virus asal Afrika itu sudah dilakukan oleh pemerintah pusat.

"Jadi setiap masuk dari pintu gerbang seperti laut, udara, terus ditemukan di Indonesia, seperti tahun 2020 ditemukan satu pasien di Jatisampurna barulah kita tracing," jelasnya.

Baca juga: DPR Tunda Seluruh Perjalanan Dinas Luar Negeri Seluruh Anggota

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya