Atap Sudah Tertutup, Progres Pembangunan JIS Capai 87,85 Persen

Stadion Jakarta International Stadium
Sumber :
  • instagram

VIVA - Proyek Jakarta International Stadium (JIS) hingga pekan ke-118 sudah mencapai 87,85 persen. Pencapaian ini ditandai dengan pengerjaan metal atap atau metal sheet JIS sudah tertutup seluruhnya.

Diplomasi Stadion Tiongkok, Eksploitasi Ekonomi atau Kemitraan Murni di Afrika?

Tambah Nilai Estetika

Manajer Proyek JIS Arry Wibowo mengatakan tertutupnya seluruh atap JIS turut menambah nilai estetika. Terutama, jika JIS dipotret dari atas, sebab metal sheet atap JIS memiliki warna yang kontras.

Persib Bekuk Persija, Obat Kecewa Bobotoh Tak Bisa Hadir di Stadion

"Alhamdullilah, seluruh atap metal sheet JIS sudah tertutup semua. Ini akan mengakselerasi pengerjaan pembangunan JIS secara optimal. Pemasangan seluruh metal sheet atap JIS tuntas sesuai waktu yang direncanakan atau sebelum 11 Desember 2021," kata Arry, Sabtu, 11 Desember 2021.

Jakarta Internasional Stadium

Photo :
  • Instagram: Anies Baswedan
Bikin Heboh! Ed Sheeran Pakai Jersey Klub Elkan Baggott Saat Manggung di JIS

Masuki Tahap Akhir

Arry menjelaskan pembangunan JIS kini telah memasuki tahap akhir, khususnya pekerjaan interior seperti pemasangan bangku penonton, pengerjaan sisa-sisa precast, pemasangan lampu, hingga pemasangan sound system.

"Pemasangan kursi terutama tier tiga akan lebih aman dari hujan maupun panas. Sehingga, pekerjaan menjadi lebih cepat. Sebelum seluruh tertutup, sound system masih ditutupi plastik untuk mencegah terkena air hujan," katanya.

Baca juga: Kabar Baik dari Anies Baswedan Terkait Jakarta Internasional Stadium

Struktur stadion ini dibangun dengan tinggi 85 meter, lebar 258 meter, dan panjang 279 meter.

Sejak Juni Lalu

Sebelumnya, proses pengangkatan atap JIS dengan panjang 270 meter dan berat 3.900 ton sudah berlangsung pada Juni lalu. Atap tersebut menggunakan teknologi yang memungkinkan atap bisa dibuka dan ditutup secara otomatis.

Stadion modern itu dirancang sedemikian rupa sehingga membuat jarak tribun dan lapangan lebih dekat dengan tiga tingkatan yakni lower tribun, middle tribun, dan upper tribun.

3 Rekor Muri

JIS juga sudah mendapatkan tiga rekor dari MURI yaitu lifting struktur atap stadion dengan bobot terberat, stadion pertama di Indonesia yang menggunakan sistem atap buka-tutup, dan stadion green building dengan sertifikasi platinum pertama.

Jakarta International Stadium merupakan stadion berstandar FIFA dan dibangun dengan konsep green building pertama di Indonesia. JIS mampu meraih skor greenship platinum grade untuk design and build dari lembaga sertifikasi Green Building Council Indonesia (GBCI).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya