Sosok Joseph Suryadi, Tersangka Penghina Nabi Muhammad SAW

Diduga Sosok Joseph Suryadi
Sumber :
  • Twitter @jvdas_iskariot

VIVA – Joseph Suryadi yang diduga menghina Nabi Muhammad SAW dan menistakan agama kini sudah diperiksa polisi dan ditetapkan sebagai tersangka. Penetapan tersangka ini dilakukan usai penyidik melakukan pemeriksaan intensif kepada pria tersebut sejak Selasa (14/12). Sejumlah barang bukti pun sudah diamankan pihak kepolisian. Barang kuti yang telah diamankan dan disita penyidik yaitu satu bundel tangkapan layar pembicaraan di media sosial yang dianggap menistakan agama. Dan juga satu buah flash disk dan satu ponsel turut diamankan. Lalu, siapakah Joseph Suryadi ini? Berikut ulasannya.

Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya

Sosok Joseph Suryadi

Diduga Sosok Joseph Suryadi

Photo :
  • Twitter @jvdas_iskariot
Usai Memilih Mualaf, Davina Karamoy Belum Siap Kenakan Hijab

Joseph Suryadi merupakan pria dengan sosok rekam jejak yang tak terlalu baik. Ia dikenal sebagai seorang pegiat media sosial yang melecehkan Islam. Sejak saat itu, beredar foto di dunia maya yang memperlihatkan sosok yang disebut sebagai Joseph Suryadi berbarengan dengan foto karikatur yang diduga menghina Nabi Muhammad SAW dan Islam. Diketahui bahwa Joseph Suryadi tinggal di Jakarta, yang beralamat di Tanjung Duren 7/7 No 567, Jakarta Indonesia. Bahkan Joseph Suryadi diketahui kerja nya PT Jakarta Setiabudi International.

Fakta-fakta Kasus Penistaan Agama Joseph Suryadi

Sosok Arj Barker, Komika yang Dihujat Gegara Usir Ibu Menyusui saat Acara Stand-Up Comedy

Kejadian yang menimpa Joseph Suryadi bemula dari tagar #TangkapJosephSuryadi di Twitter yang trending. Tagar itu muncul terkait dirinya yang diduga terlibat atas karikatur yang diduga berisi konten penistaan agama yang tersebar di grup WhatsApp (WA). Mengetahui hal itu netizen pun geram dan meramaikan media sosial dengan tagar #TangkapJosephSuryadi dan beberapa disertai foto pria berkacamata yang disebut merupakan sosok Joseph Suryadi.

Selepas itu, warganet ramai menanyakan soal perkara tersebut kepada kepolisian melalui media sosial untuk diusut. Hingga akhirnya polisi melakukan pemeriksaan terhadapnya. Kemudian ada foto lainnya yang memperlihatkan tangkapan layar dari grup WhatsApp yang menampilkan karikatur pria dan wanita. Karikatur yang diduga dibuat oleh Joseph itu menyinggung Rasulullah dan istrinya dengan kalimat yang tak pantas.
Foto karikatur ini kemudian dikaitkan warganet dengan Herry Wirawan, pelaku perkosaan 12 santriwati yang terjadi di Bandung. Hal inilah yang membuat publik geram. Terkini, Joseph Suryadi tengah dalam pemeriksaan polisi. Ia diperiksa pada Selasa, 14 Desember 2021.

Dari hasil pemeriksaan sementara, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan, Joseph Suryadi yang masih berstatus sebagai saksi mengaku kehilangan ponsel. Ia belum mau mengungkapkan lebih lanjut soal penyelidikan tersebut karena proses pemeriksaan yang masih berlangsung.

Biodata Singkat Joseph Suryadi

Nama: Joseph Suryadi
Tanggal Lahir: 21 Mei 1982
Kota Tinggal: Jakarta
Pendidikan: Jurusan Design Komunikasi Visual di Bina Nusantara University

Itulah sosok Joseph Suryadi yang diduga menistakan agama Islam. Sumber didapat dari berbagai sumber.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya