Irjen Fadil: Pembalap Liar Tidak Sandal Jepitan Lagi, Mirip MotoGP

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran.
Sumber :
  • VIVA/ Foe Peace Simbolon.

VIVA – Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran mengatakan Ikatan Motor Indonesia (IMI) memberikan fasilitas untuk balapan bagi anak-anak yang biasa balap liar. Lokasinya akan digelar di kawasan Ancol, Jakarta Utara pada 15 Januari 2022.

Jelang Pengumuman Hasil Rekapitulasi Pemilu 2024 Polri Jelaskan Situasi Keamanannya

Beda pembalap liar dulu dengan sekarang, menurut Kapolda Metro Jaya itu. Sekarang tidak ada lagi pembalap liar yang memakai sendal jepit saat balapan. Tetapi sudah memperhatikan keselamatan. 

"Jadi dia tidak lagi balapan hanya menggunakan sandal jepit, tapi menggunakan sepatu, helm dan jaket balap lengkap seperti di GP agar keselamatan ini menjadi yang utama," kata Fadil pada Selasa, 21 Desember 2021.

HUT ke-72 Korsabhara, Kabaharkam Komjen Fadil Imran Ingatkan Pentingnya Patroli Terbaik

Selain itu, Fadil mengatakan IMI yang dipimpin Ketua MPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet, juga bakal memberikan fasilitas pelatih kepada para pelaku balap liar tersebut. Tujuannya, supaya lahir pembalap-pembalap resmi yang dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia nantinya.

"Mudah-mudahan niat baik kita ini untuk menyelamatkan anak-anak kita, kemudian bagi mereka yang memiliki potensi untuk menjadi pembalap, bisa tersalurkan," ujarnya.

Temui Kabaharkam Fadil Imran usai Sebut Kapolri Tak Netral, Ini Kata Henry Yoso

Diketahui, kegiatan balap liar di Jakarta direncanakan akan mendapatkan fasilitas resmi dari pihak Polda Metro Jaya.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan pihaknya telah merancang konsep acara dalam kegiatan balap liar yang nantinya difasilitasi oleh Polda Metro Jaya. Kegiatan itu bisa melibatkan sejumlah hiburan lainnya.

"Bisa saja nanti kemudian konsepnya berkembang menjadi semacam kaya oto bazar gitu. Jadi ada balapannya, ada pertunjukan, ada bazar, ada kuliner. Jadi ini besar," kata Sambodo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya