Investigasi Kecelakaan Bus TransJakarta, KNKT Fokus Tiga Hal

Busway / Transjakarta
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

VIVA – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) fokus pada tiga hal untuk menginvestigasi insiden beruntun yang dialami armada TransJakarta, yakni manajemen risiko, kelayakan awak serta keamanan dan keselamatan lintasan bus.

10 Tips Mencegah Aksi Kekerasan Antar Siswa di Sekolah

"Kami akan rilis temuan apa dan rekomendasinya apa saja," kata Pelaksana Tugas Kepala Sub Komite Moda Investigasi Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) KNKT Ahmad Wildan saat dihubungi Jakarta, Selasa, 21 Desember 2021.

Rencananya hasil investigasi insiden dari armada yang dioperasikan BUMD DKI Jakarta itu diumumkan di Kantor TransJakarta di Jakarta Timur, Rabu, 22 Desember 2021.

Luar Dalam Bulan Akhirnya Terkuak

Sedangkan terkait kelayakan kendaraan di BUMD DKI Jakarta itu, lanjut dia, tidak mengalami masalah. "Untuk kepastian kelayakan kendaraan di TransJakarta tidak ada masalah, mereka sudah cukup bagus," katanya.

Bus Transjakarta menabrak separator di depan Ratu Plaza. (Foto ilustrasi).

Photo :
  • VIVA/Foe Peace
Fakta-fakta Dua Helikopter AL Malaysia Tabrakan di Udara, 10 Orang Tewas

Dari tiga area investigasi itu, pihaknya memberi masukan agar ada departemen khusus yang mengelola manajemen risiko. "Sehingga bisa berjalan lebih efektif dan efisien untuk melakukan mitigasi terhadap risiko bahaya yang muncul," katanya.

Sedangkan terkait kelayakan awak, pihaknya memberikan masukan agar para pengemudi menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum bertugas untuk memastikan kebugaran. (Antara)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya