Vaksinasi Merdeka Berlanjut 2022, Kali Ini Sasar Anak-anak

Pelaksanaan vaksinasi merdeka
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Vaksinasi Merdeka yang digagas oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menjadi salah satu program yang berhasil di masyarakat. Polda Metro Jaya memastikan program itu akan dilanjutkan di tahun 2022 dan menyasar kelompok anak-anak. 

Pemobil Fortuner Diperintah Sang Kakak Buang Pelat TNI di Lembang, Polisi Turun Tangan

"Di tahun 2022 kami akan terus melanjutkan kerja-kerja kemanusiaan dengan Vaksinasi Merdeka untuk memastikan seluruh warga DKI dan aglomerasi dapat memiliki perlindungan diri melalui vaksinasi, di antaranya vaksinasi anak," kata Kabid Dokkes Polda Metro Jaya Kombes Didiet Setiobudi kepada wartawan, yang dikutip Sabtu 1 Januari 2022.

Didiet lalu menjelaskan perjalanan dimulainya vaksinasi merdeka pada tahun 2021. Program ini didasari kondisi gelombang dua pandemi virus Corona di Jakarta pada Juni dan Juli 2021. 

Pengemudi Mobil Fortuner Arogan Palsukan Pelat TNI Terancam 6 Tahun Bui

Saat itu fasilitas rumah sakit di Jakarta sempat tumbang akibat banyaknya pasien terkonfirmasi virus Corona. Angka kematian warga yang meninggal akibat virus itu di periode tersebut pun terhitung tinggi. 

"Kondisi ini yang kemudian mendorong Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran berinisiatif memberikan perlindungan terhadap masyarakat DKI melalui percepatan vaksinasi, salah satunya melalui Vaksinasi Merdeka pada 1 – 17 Agustus 2021. Sehingga pada perayaan ahari Kemerdekaan DKI Jakarta mampu mencapai angka vaksinasi sebesar lebih dari 107%," ujar Didiet. 

Pendeta Gilbert Dilaporkan Dugaan Penistaan Agama, Gus Yahya: PBNU Enggak Ikut Campur

Menurut Didiet, program Vaksinasi Merdeka yang digagas Polda Metro Jaya ternyata disambut terbuka oleh masyarakat. Ribuan relawan mendaftar untuk turun tangan terlibat dalam program tersebut. 

Dalam tiga hari pendaftaran Vaksinasi Merdeka tahap satu, sekitar 30 ribu relawan mendaftar. Hasilnya, target vaksinasi di Jakarta dan wilayah penyanggah berhasil menembus angka 100 persen. 

"Vaksinasi Merdeka I hingga III yang berpegang pada unsur kerelawanan, kedermawanan dan kepemimpinan,  berhasil mendorong akselerasi capaian angka vaksinasi hingga 120 persen di wilayah DKI Jakarta serta capaian minimal 90 persen di wilayah penyanggah (aglomerasi) di akhir November 2021," ujar Didiet. 

Lebih lanjut, Didiet mengatakan program Vaksinasi Merdeka pada tahun 2022 akan dikhususkan kepada anak-anak. Dia berharap lewat program itu tidak ada lagi warga Jakarta yang kehilangan anggota keluarganya akibat pandemi virus Corona. 

"Semoga program vaksinasi ini dapat menjadi jalan untuk mencegah lebih banyak anak yang harus kehilangan keluarga, atau usaha dan pekerjaan masyarakat yang terbengkalai, karena sumber daya manusia yang tidak sehat bahkan harus menghadapi kematian karena COVID-19," ujar Didiet.

Baca juga: Akhir Tahun 2021, Kapolri Jenderal Sigit Minta Maaf

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya