26 Pompa Mobile Siap Sedot Banjir Jakarta Supaya Cepat Surut

Pompa air
Sumber :
  • VIVAnews/Rohimat Nurbaya

VIVA – Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta telah merealisasikan pengadaan sebanyak 26 unit pompa mobile baru di Tahun Anggaran 2021. Pompa air ini nantinya dapat difungsikan untuk mengurai air di tempat yang mengalami banjir.

Merinding! Jayabaya Ramal Bencana Alam Berupa Banjir dan Gunung Meletus di Mana-mana

Kasubbag Tata Usaha UP Alkal Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Boris Karlop mengatakan, 26 unit pompa mobile baru ini memiliki kapasitas bervariasi berkisar 250-1.000 liter per detik.

"Pompa mobile baru ini akan didistribusikan ke daerah rawan banjir dan genangan di lima wilayah kota," kata Boris, Jumat 7 Januari 2022.

Mengenaskan, Ini Penampakan Mobil-mobil Mewah Terendam Banjir di Dubai

Banjir Jakarta (ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Boris menjelaskan, pompa mobile berfungsi sebagai pendukung dari pompa stasioner. Pompa mobile ini mudah dipindahkan, sehingga akan disiagakan dan dioperasikan di titik-titik rawan genangan ketika hujan datang.

Pusat Meteorologi UAE Bantah Hujan Ekstrem Dubai karena Modifikasi Cuaca

"Ini bentuk antisipasi dan mitigasi kita terhadap perubahan iklim, di mana curah hujan semakin tinggi dan kondisi cuaca tidak menentu. Pompa mobile ini kita siagakan di titik-titik yang belum ada pompa stasioner. Untuk itu, perlu disiagakan pompa mobile ini untuk penanganan banjir dan genangan," terangnya.

Ia berharap, dengan penambahan 26 unit pompa mobile ini, banjir dan genangan dapat ditangani dalam waktu cepat.

"Total Dinas SDA memiliki 300 pompa mobile dengan adanya penambahan ini. Targetnya, ketika ada genangan maksimal enam jam bisa surut," tandasnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya