Tes COVID-19 Massal di Krukut, 10 Warga Positif

Petugas melakukan pemeriksaan COVID-19. (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – Sepuluh orang warga Krukut, Tamansari, Jakarta Barat diketahui positif COVID-19 setelah dilakukan tes antigen kepada 239 orang oleh petugas Kelurahan Krukut.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Lurah Krukut Ilham Nurkarin mengatakan, tes antigen dan PCR dilakukan oleh pihaknya dengan data 120 orang untuk PCR dan 119 orang untuk antigen. Hasilnya ada 10 orang yang positif COVID-19.

"Total ada 239 warga yang lakukan swab test. Di antaranya 120 warga lakukan PCR test dan 119 warga lainnya melakukan swab test antigen," ujar Ilham dikonfirmasi Senin, 10 Januari 2022.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Ilham mengatakan, sepuluh orang yang diketahui positif tersebut hingga kini masih menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. Mereka menunggu persetujuan rujukan ke RSDC Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Ilustrasi Swab Test COVID-19

Photo :
  • VIVA/ Fajar Sodiq
Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Hasilnya ada 10 orang yang positif antigennya ya, mereka sedang menjalankan isolasi mandiri menunggu persetujuan rujukan di Wisma Atlet," ujarnya.

Sebelumnya, Lurah Krukut, Taman Sari, Ilham Nurkarin mengemukakan pihaknya akan melakukan tracing massal, Senin, 10 Januari 2022. Tes ini dilakukan buntut klaster COVID-19 baru di sana.

Terdata 36 warga RW 02 Krukut, Jakarta Barat positif COVID-19. Satu orang dari 36 tersebut diketahui suspek Omicron. Diketahui, mereka yang terkonfirmasi positif Corona telah melakukan vaksin dua kali.

"Dari 36 orang yang dirujuk kemarin, gejalanya relatif ringan pusing, flu, demam dan sebagian besar tanpa gejala," ujarnya.

Dia menambahkan, "Mungkin ada kaitannya dengan status vaksinasinya. Hampir semuanya sudah melaksanakan vaksinasi lengkap."  

Mengenai kasus temuan COVID-19 ini, Ilham mengingatkan agar masyarakat yang sudah menjalani vaksinasi untuk tetap menjaga prokes selama beraktivitas di luar rumah. 

Selain itu, dia juga mengimbau kepada warga yang masih belum melakukan vaksinasi segera mendatangi sentra-sentra vaksinasi terdekat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya