Risma, Gibran dan Ahok Disiapkan Jadi Cagub DKI? Ini Kata Gembong PDIP

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Gembong Warsono
Sumber :
  • VIVA/Ridho Permana

VIVA – Anggota Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono mengungkapkan, ada beberapa nama kader dari PDIP yang potensial maju sebagai kandidat calon Gubernur DKI Jakarta. 

Alasan PDIP Absen saat Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wapres Terpilih

Nama-nama itu diantaranya, Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini hingga Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

"Melihat track record-nya, pengalaman Bu Risma akan menjadi catatan bagi partai, keberhasilan Bu Risma untuk membangun Surabaya, saya kira akan menjadi referensi tersendiri bagi Bu Risma," ujarnya di Jakarta, Selasa, 11 Januari 2022. 

KPU Ungkap Alasan Abaikan Permintaan PDIP Tunda Penetapan Prabowo

Mensos Risma.

Photo :

Sedangkan, pengalaman Gibran, menurutnya juga akan menjadi catatan bagi partai. Gembong mengatakan, PDIP tentunya akan mempertimbangkan kualifikasi dari kader-kader yang akan maju ke Pilgub DKI Jakarta pada 2024 nanti. 

PDIP Gugat KPU ke PTUN, Ganjar: Tugas Saya dan Pak Mahfud Berakhir Usai Putusan MK

Lalu bagaimana dengan Basuki Tjahja Purnama Alias Ahok.? 

Menurutnya, perbincangan di internal partai memang ada. Namun, lagi-lagi keputusan ada di Ketua Umum DPP PDIP. "Perbincangan di internal ada. Tapi soal nama yang netapkan ketua umum DPP partai. belum melompat ke sana. Tapi kita akan berikan masukan ke DPP sebelum memutuskan, inilah persoalan di Jakarta," katanya. 

Prinsipnya, menurut dia, soal nama nanti DPP-lah yang menentukan. Kewenangan ada di tangan DPP. Tapi DPD akan berikan catatan kritis kepada DPP untuk bisa menetapkan orang yang cocok di Jakarta untuk bisa mengatasi persoalan di Jakarta untuk bisa melakukan eksekusi yang cepat terhadap persoalan Jakarta. 

Contohnya, kata dia, persoalan Jakarta sampai hari ini soal air bersih masih belum tuntas. Itu menurutnya, harus menjadi skala prioritas bagi gubernur yang akan datang. 

"Jadi, siapa yang paling cepat bisa eksekusi ini yang sedang kita godok, kita evaluasi, kemudian kita cari sosoknya," katanya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya