Polisi Jelaskan Mengapa Komika Fico Menangis Histeris Saat Konpers

Fico Fachriza di Polda Metro Jaya.
Fico Fachriza di Polda Metro Jaya.
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace Simbolon

VIVA – Komika Fico Fachriza sempat menangis histeris kala dirinya ditampilkan polisi dalam ekspose kasus penyalahgunaan narkoba yang menjeratnya pada Jumat 14 Januari 2022 kemarin. Polisi menegaskan, menangisnya Fico bukan lantaran karena tidak terima dihadirkan dalam konferensi pers (konpers).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Endra Zulpan memastikan bahwa hal itu mereka lakukan karena telah bertanya lebih dahulu kepada Fico. Klaim polisi, Fico mengaku sedih. Selain itu, menurut Zulpan, pada penyidik Fico juga menyebut dirinya menyesal sehingga akhirnya tak kuasa menahan air mata saat ditampilkan dalam ekspose kasus.

"Yang bersangkutan menangis karena sedikit stres atau tertekan serta menyesali perbuatannya yang berdampak panjang bagi dirinya (karier) karena harus mempertanggungjawabkannya secara hukum pidana," kata Zulpan kepada wartawan pada Sabtu 15 Januari 2022. 

Zulpan berdalih pilihan untuk menampilkan tersangka dalam ekspose kasus yang digelar pihaknya adalah hal yang lumrah. Dia mengklaim tak ada prosedur yang dilanggar atas hal itu. Mantan Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan ini beralasan kalau penampilan sosok artis selaku tersangka kasus narkoba adalah untuk menjadi pengingat bagi masyarakat agar mereka tidak ikut-ikutan melakukan perbuatan yang sama.

"Ditampilkan sebagai tersangka adalah hal yang wajar dan hak penyidik agar masyarakat bisa melihat duduk perkara yang sebenarnya. Sebagai edukasi hukum untuk tidak ditiru perbuatan yang melanggar hukum tersebut," ujar Zulpan.

Sebelumnya diberitakan, komika Fico Fachriza menangis histeris saat dirinya ditampilkan polisi dalam rilis kasus narkoba yang menjeratnya. Dia tampak memakai baju tahanan berwarna oranye. Awalnya mata Fico hanya terlihat berkaca-kaca. Namun tak lama kemudian, dia tampak tak bisa menahan emosinya dan menangis keras.

Saat menangis histeris, Fico langsung dibawa kembali oleh penyidik ke dalam ruang tahanan. Dia karena itu tidak menyampaikan sepatah kata pun saat ditampilkan dalam ekspos kasus narkoba.