Lomba Balap Liar di Ancol Diikuti 350 Orang

(Foto Ilustrasi) Balap-balapan liar di Gambir pada malam hari
Sumber :
  • VIVA/Willibrodus

VIVA – Lomba balap liar bertajuk street race yang digagas Polda Metro Jaya, digelar mulai Minggu pagi ini 16 Januari 2022. Polisi menyebut, hingga saat ini total ada 350 orang yang sudah mendaftar.

Terungkap, Wanita Open BO Ditemukan Tewas di Pulau Pari Dibunuh di Bekasi

"Update terakhir ada 350 orang," ujar Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Jakarta Utara, Komisaris Polisi I Gusti Sunawa kepada wartawan, Sabtu 15 Januari 2022.

Sementara itu, menurut Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo, sebanyak 500 personel akan dikerahkan guna mengawal jalannya kegiatan ini.

Polisi Ungkap Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Diduga Menistakan Agama

Belum Ada Pengalihan Arus 

Ada satuan Brimob, Sabhara, juga polisi lalu lintas. Semua akan diperiksa baik pembalap juga penonton, guna mengantisipasi hal-hal tak diinginkan. Untuk pengalihan arus, bersifat situasional alias melihat kondisi di lapangan.

TikToker Galih Loss Resmi Ditahan, Terancam Hukuman Penjara 6 Tahun

Rencananya lomba balap liar ini akan dimulai sejak pagi dari pukul 07.00 WIB sampai dengan sore sekira pukul 15.00 WIB. Ada beberapa kelas dalam lomba ini, mulai dari kelas matik 4 tak, sport 2 tak, sport 4 tak, kelas sunmori, bebek 2 tak, bebek 4 tak, kelas FFA, dan kelas vespa. 

Lomba disepakati dengan konsep drag race memakai trek lurus sekitar 200 hingga 500 meter. Bagi penonton nantinya akan diarahkan masuk lewat pintu masuk Ancol.

"Ada sekitar 500-an (personel yang dikerahkan)," kata Sambodo menambahkan.

Rencana dari Kapolda

Sebelumnya diberitakan, Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran berencana merangkul para pemuda yang sering melakukan balap liar khususnya di wilayah Jadetabek, dengan membuat kegiatan balapan resmi.

Hal itu disampaikan Irjen Fadil saat bertemu dengan pembalap binaan Astra Honda Racing Team, Mario Suryo Aji yang jadi wakil Indonesia di kejuaraan dunia balap motor kelas Moto3 musim 2022.

"Saya mau buat, rencana saya, doakan saya mudah-mudahan (terealisasi). Saya akan membuat balapan untuk para balap liar," ujar dia di Markas Polda Metro Jaya, Selasa, 30 November 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya