Bupati Zaki Kick Off Vaksinasi Booster bagi Masyarakat Umum

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

VIVA Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar melakukan kick off vaksinasi booster bagi petugas layanan hingga masyarakat umum, Selasa, 18 Januari 2022.

5 Syarat Kucing Peliharaanmu Sudah Bisa Divaksin Biar Tetap Sehat

Dalam pembukaan yang digelar di Gedung Serba Guna Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang, Bupati Zaki pun turut mendapatkan suntik vaksin booster dengan jenis Pfizer.

"Ya, saya hari ini suntik booster, tadi sudah melakukan pemeriksaan kesehatan atau screening dan semua aman. Dan Alhamdulillah, dalam proses observasi tadi, tidak merasakan apa-apa," katanya.

WHO Peringatkan Ancaman Wabah Penyakit yang Serang Anak-anak di 2024

Dia menyebutkan, per hari ini, seluruh masyarakat dan petugas layanan umum baik itu ASN dan TNI-Polri atau pegawai pemerintah, bisa mendapatkan vaksin booster.

Ilustrasi penyuntikan Vaksin COVID-19

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Kasus Demam Berdarah Meningkat, Kapan Vaksin DBD Siap?

"Per hari ini kategori umum sudah dibuka. Target kita tentu semuanya tervaksinasi," ujarnya.

Sementara itu, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang, dr Hendra Tarmizi menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat umum dilakukan setelah capaian vaksinasi terhadap lansia di Kabupaten Tangerang rendah.

Hal ini karena ada syarat khusus berupa umur, serta jangka waktu atau jarak pemberian vaksin dua ke vaksin booster atau tiga.

"Di Kabupaten Tangerang baru sekitar 2.000 lansia yang divaksin booster. Angka ini cukup rendah karena ternyata saat didata umur mereka kurang, lalu kebanyakan belum cukup waktunya untuk vaksin ketiga," ujarnya.

Alhasil, untuk memaksimalkan ketersediaan vaksin, pihaknya pun mengambil kebijakan untuk membuka layanan bagi kategori umum.

"Jenis vaksin di Kabupaten Tangerang itu Pfizer, lalu baru terpakai sedikit, sedangkan Pfizer itu jangka waktu pemakaiannya hanya sebulan. Makanya, dengan dosis yang ada, akhirnya kita buka untuk umum," katanya.

Dia memastikan, dosis yang tersedia sangat cukup untuk melayani kategori umum. Bahkan hari ini, akan tiba kembali 10 ribu dosis vaksin jenis Pfizer.

"Cukup, nanti juga akan datang lagi. Dan dalam kesempatan ini, diimbau juga masyarakat yang sudah waktunya untuk bisa mendaftarkan diri ke fasilitas kesehatan terdekat agar mendapat layanan booster," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya