Anies Sindir Giring Sidak Venue Formula E: Kasihan, Waktunya Longgar

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA/Syaefullah

VIVA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan akhirnya buka suara soal sidak Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha ke lokasi bakal venue Formula E di Ancol. Giring sebelumnya  mengabadikan momen kunjungannya ke Ancol sembari melontarkan kritik pedas soal lahan yang bakal dijadikan venue Formula E.

Ketua DPRD Kota Bogor Dorong Pemerintah Beri THR Lebaran bagi Warga Terdampak Bencana

Giring heran lahan yang merupakan lahan urukan bekas buangan pengerukan lumpur sungai Jakarta, akan dijadikan arena sirkuit Formula E. Giring bahkan sampai terperosok ke lumpur lahan bakal sirkuit Formula E.

Seperti biasa, Anies merespon santai ocehan Giring. Ia juga heran dengan Giring yang rela membuang-buang waktu untuk mendatangi lokasi tersebut. 

KPK: Sahroni Sudah Kembalikan Aliran Dana Rp 40 Juta dari SYL yang Mengalir ke Nasdem

"Kasihan juga, waktunya longgar betul. Kalau kita-kita enggak cukup keliling yang enggak perlu gitu," kata Anies dalam akun Youtube Total Politik dikutip, Jumat, 21 Januari 2022. 

Anies juga menegaskan soal polemik anggaran untuk Formula E yang menurutnya sudah ada studi kelayakannya, termasuk soal itung-itungan ekonomi sebagai dampak dari kegiatan Formula E. Lagipula, commitment fee Formula E juga sudah dibayarkan pada 2019 sebelum pandemi. 

Generasi Muda Harus Cerdas Finansial Dalam Menabung dan Kelola Keuangan

"Kalau kita menggeluarkam anggaran Rp100 lalu kita berharap anggaran Rp100 itu menggerakan perekonomian, sehingga bisa perekonomian berputar maka kita akan merasakan masyarakat mendapatkan keuntungan," ujarnya. 

Jadi, kata Anies, ketika anggaran itu dikeluarkan untuk Formula E maka nantinya uang itu akan berputar pada rakyat Jakarta itu sendiri 

"Ketika pemerintah itu mengeluarkan anggaran maka sesungguhnya sedang mengeluarkan dana ke rumah tangga yang terkena. Ketika ada project membutuhkan 3 ribu tenga kerja maka anggaran itu masuk ke dalam rumah tangga ke 3 ribu orang. Nah, ini anggaran yang masuk ke rumah tangga-tangga kita," ujarnya. 

Ketua Umum PSI Giring Ganesha

Photo :
  • PSI.id

Sebelumnya, Giring Ganesha mendatangi lokasi Formula E yang berada di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Giring yang sempat mengabadikan lokasi itu melalui vlog sempat terjeblos tanah yang dia sebut lembek. Giring mengkritik keras agenda besar besutan Pemprov DKI Jakarta ini. 

Dikutip VIVA dari akun Twitter resminya @giring_ganesha, Kamis 6 Januari 2022, Giring menyebut jika tidak ada pekerja di lokasi Formula E. Lokasi nya juga masih nampak rumput dan ada pula kambing peliharaan warga setempat yang masuk ke lahan itu. 

"Tadi pagi sidak ke Lokasi Formula E. Ya, beginilah kiranya proyek uang rakyat 2,3 T itu. Pembangunan jalur balapan terlihat dihiasi lumpur yang "mengisap". Tak ada pekerja, yang ada hanya kambing yang berbaris. Miris. Kejar tayang tinggal 5 bulan lagi dengan kondisi begini?," cuit Giring yang sudah dikomentari lebih dari 2.000 cuitan. 

Momen saat Giring terjeblos tanah lahan Formula E yakni ketika dia menyampaikan harapannya agar proyek besar yang disebutnya untuk nyapres 2024 itu bisa berjalan dengan lancar dan tidak bikin malu. Tak lama setelah berucap kalimat itu, mantan vokalis Nidji itu langsung terjeblos. 

"Gua nggak habis pikir ya, uang warga Jakarta dihambur-hamburkan begini. Terus proyek ambisius buat nyapres ini semoga tidak merugikan uang pajak... eh ya Allah, ya Allah, ya.... Ya Allah, kaki gua masuk lagi," kata Giring.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya