7 Fakta Penggerebekan Kantor Pinjol Ilegal di PIK 2

Pengungkapan Jaringan Pinjaman Online (Pinjol) Ilegal
Pengungkapan Jaringan Pinjaman Online (Pinjol) Ilegal
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Kantor pinjaman online (pinjol) ilegal yang berada di Ruko Paladium Jalan Pulo Maju Bersama, Golf Island, Blok G7, Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Jakarta Utara digerebek oleh Tim Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya pada Rabu, 26 Januari 2022 malam sekitar pukul 19.05 WIB. 

Sebanyak 99 orang yang diketahui merupakan karyawan berhasil diamankan polisi dalam penggerebekan kantor pinjol ilegal tersebut. Salah seorang manajer yang bertanggung jawab atas kegiatan pinjol ilegal tersebut juga diamankan. Berikut ini fakta-fakta penggerebekan kantor pinjol di PIK 2 yang informasinya didapatkan dari Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan.

Tidak memiliki izin OJK

Kegiatan pinjol yang diketahui perusahaannya bernama “ScoreOne” ini baru beroperasi sejak Desember 2021 lalu. Disebut ilegal karena tidak memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, kegiatan pinjol tersebut juga diduga melanggar hukum. 

Menaungi 14 aplikasi pinjol ilegal

Kantor pinjol di PIK 2 yang digerebek tersebut diketahui menaungi 14 aplikasi pinjol ilegal. Berikut nama-nama aplikasi pinjolnya, Dana Aman, Uang Rodi, Pinjaman Terjamin, Kantung Rupiah, Dana Induk, Dana Roket, Dana Online, Modal Uang, Tercepat, Uang Tunai, Cashworld, Pinjaman Kedua, Lava dan Go Kredit.

Masih diselidiki polisi