Polisi Selidiki Penipuan Modus Pura-pura Jadi Korban Tabrak Lari

Ilustrasi mobil polisi di lokasi kejadian.
Ilustrasi mobil polisi di lokasi kejadian.
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVA – Polisi merespons informasi penipuan dengan modus pelaku pura-pura jadi korban tabrak lari. Polisi kini tengah mengusut informasi yang sudah viral di media sosial tersebut.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Timur, Ajun Komisaris Besar Polisi Ahsanul Muqqafi mengatakan pihaknya sudah menerima informasi penipuan modus tersebut.

"Sudah ke sana, sudah diusut ke sana sudah ke TKP (tempat kejadian perkara) tadi cari satpam yang ada di sana," kata Ahsanul kepada wartawan, Jumat 29 Januari 2022.

Sementara itu, menurut Kapolsek Pasar Rebo, Komisaris Polisi Marbun menambahkan kalau kejadian tersebut terjadi pada Rabu 26 Januari 2022. Hal ini diketahui dari keterangan satpam di lokasi yang melihat kejadian. 

Namun, pengemudi mobil langsung pergi karena merasa tidak melakukan apa-apa.

"Pengemudi mobilnya juga langsung pergi karena dia ngerasa nggak ngelakuin apa-apa. Mikirnya cuma modus ini," kata Kompol Marbun menambahkan.

Penipuan modus tabrak lari viral di media sosial

Penipuan modus tabrak lari viral di media sosial

Photo :
  • Instagram @warungjurnalis

Lebih lanjut dia mengatakan, sejauh ini pihaknya mengaku belum dapat laporan dari pengemudi mobil yang jadi korban. Meski begitu, Marbun mengaku pihaknya akan melakukan penyelidikan.

"Iya ini masih kami selidiki," katanya lagi.

Sebelumnya, viral di media sosial aksi penipuan dengan modus pura-pura jadi korban tabrak lari. Kemudian, pelaku yang melakukan modus itu meneriaki pengemudi mobil maling. Salah satu yang mengunggahnya adalah akun Instagram @warungjurnalis

Menurut akun tersebut, pelaku penipuan dengan modus ini yaitu pelaku pura-pura pincang. Padahal, pelaku didiga masih sehat dan bisa berlari. Hal itu nampak juga dalam video yang di-posting akun ini. 

Akun tersebut pun mengimbau agar pengemudi mobil yang mengalami peristiwa ini tetap tenang.

"Waspada dan Tetap Hati-Hati bagi pengemudi mobil/pemilik kendaraan. Modus Pura-pura Tabrak Lari meneriaki maling. Lihat orang tsb Bisa berlari kemudian mendadak pura-pura pincang. Pengemudi/pengendara sebaiknya Tetap Tenang, jangan panik apalagi kabur, bila mengalami Hal seperti ini. Ada ya tau lokasi ? coba dikomen," demikian bunyi postingan akun tersebut seperti dikutip, Jumat 28 Januari 2022.