Gelar Tracing, Puskesmas Cipondoh Temukan 7 Kasus Aktif COVID-19

Petugas Puskesmas Cipondoh saat melakukan tracing dengan swab antigen.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

VIVA – Sebanyak 7 kasus COVID-19 ditemukan di Kelurahan Kenangan, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Sabtu, 29 Januari 2022.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Kasus itu ditemukan setelah petugas Puskesmas Cipondoh melakukan tracing pada 30 warga yang ada di lingkungan setempat, lantaran sebelumnya terdapat kasus COVID-19 pada satu keluarga.

"Sebelumnya ada satu keluarga yang terpapar COVID-19, dengan kasus transmisi lokal. Dari sana, kita tracing 30 warga yang kontak erat dengan pasien tersebut. Dan dalam hasil pengecekan melalui swab antigen, hasilnya 7 orang positif COVID-19," kata petugas Puskesmas Cipondoh, Ria.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Dari kasus itu, 7 orang yang positif langsung ditindaklanjuti dengan proses karantina di tempat yang telah ditentukan pemerintah, ataupun karantina mandiri di rumah masing-masing. 

Ilustrasi tes COVID-19.

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin
PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

"Dari 7 orang yang positif, 5 di antaranya satu keluarga. Mereka langsung ditindaklanjuti dengan proses karantina, ada yang di tempat isolasi, atau boleh di rumah sendiri, dengan pengawasan ketat," ujarnya.

Ria menuturkan, proses tracing akan dilanjutkan untuk mengetahui sejauh maha penyebarannya, terlebih baru saja ditemukan 7 orang yang positif COVID-19.

"Setelah ini masih kita tracing, bertahap, kami juga imbau agar masyrakat bisa menjaga protokol kesehatannya," ujarnya.

Petugas juga melakukan pemeriksaan pada hasil swab dari 7 orang itu ke litbangkes, untuk mengetahui ada atau tidaknya varian Omicron.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya