Daging Sapi Rp160 Ribu Per Kg, Pedagang di Pasar Slipi Menjerit

Pedagang daging sapi di Pasar Slipi Jakarta Barat
Sumber :
  • VIVA / Andrew Tito (Jakarta)

VIVA – Harga daging sapi jelang bulan Ramadhan tahun ini diketahui melonjak naik dan membuat para pedagang daging di pasar tradisional di Jakarta Barat mengeluh. Terpantau hingga harga daging mencapai Rp160.000 untuk perkilogram nya. 

Heboh Aksi Pedagang Buang Puluhan Ton Buah Pepaya, Ternyata Ini Penyebabnya

Di salah satu pedagang daging sapi di pasar Slipi Jakarta Barat, Nasir (35) mengatakan, harga daging sapi saat ini bisa mencapai Rp 160.000 per kilogram.

"Daging sudah bukan mahal lagi, ini sekarang harganya Rp 150.000 sampai Rp 160.000 per kilogram. Normalnya Rp 130.000," ujar Nasir Sabtu 26 Februari 2022, 

Harga Eceran Tertinggi Beras Medium Dinaikkan Meski Panen Raya, Ini Rinciannya Per Wilayah

Pedagang daging sapi di Pasar Tradisional Simpang Limun, Kota Medan.

Photo :
  • VIVA/B.S. Putra (Medan)

Nasir menjelaskan, kenaikan harga daging sudah terjadi sejak jelang perayaan natal dan tahun baru 2022, dan hingga kini masih belum ada penurunan harga. 

Mendag Zulhas Sebut Kenaikan Harga Bawang Merah Akibat Banyak Pedagang Belum Mulai Berjualan

"Dari Natal dan tahun baru kemarin sampai sekarang itu naiknya. Naiknya perlahan. Naiknya enggak tahu kenapa," ujarnya. 

Tingginya harga daging kata Nasir membuat dagangan dagingnya menjadi kurang diminati pelanggan dan akhirnya banyak daging yang tidak laku dipasaran dan terpaksa kembali di bawa pulang oleh pedagang. 

"Ngaruh banget kenaikan ini, pembelinya enggak ada. Banyak pembeli yang niatnya beli setengah saja itu kadang enggak jadi," ujarnya. 

Sementara itu Kepala Pasar Slipi, Hendra Silalahi, mengatakan mengenai adanya kenaikan harga daging tersebut, banyak Pedagang daging di Pasar Slipi, Jakarta Barat berencana mogok berjualan mulai Senin hingga Jumat 28 Februari - 4 Maret 2022 mendatang

"Rencananya semua pedagang daging mogok berjualan, karena harga daging sapi terus naik," ujar Hendra dikonfirmasi, Sabtu 26 Februari 2022. 

Hendra menjelaskan, untuk kondisi normal harga daging sapi Rp110.000 per kilogram, Kenaikan harga daging sapi yang lebih dari 30 persen tersebut, membuat para pedagang daging kesulitan berjualan karena pembelinya menjadi sepi.

"Kenaikan harga itu terjadi sejak awal Februari," ujarnya 

Disisi lain, Hendra jelaskan, Pengelola Pasar Slipi juga telah menyiapkan 100 kilogram daging sapi dengan harga subsidi di Mini Distribution Center (Mini DC) Pasar Slipi untuk memenuhi kebutuhan warga.

"Warga yang bisa belanja di Mini DC hanya yang memiliki KJP saja," ujarnya. 

Dalam hal ini Hendra berharap harga daging segera kembali normal. Keduanya pun berupaya menyuarakan keluhan kondisi ini dengan turut mengikuti aksi mogok jualan mulai Senin depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya