7 Negara Teraman Jika Terjadi Perang Dunia ke-3

Negara Swiss
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Situasi dunia saat ini sedang memanas. Ketegangan yang terjadi beberapa negara besar berpotensi memberikan efek buruk pada negara lainnya. Meski demikian, ada beberapa negara teraman yang bisa ditinggali ketika perang dunia ke-3 terjadi.

Prabowo Yakin Ekonomi Indonesia Mampu Tumbuh 8% 2-3 Tahun ke Depan

Baru-baru ini, ketegangan geopolitik antara Rusia dan Ukraina telah melibatkan Amerika Serikat (AS) dan NATO. Konflik Moskow dan Kyiv yang melibatkan Washington dan Barat saat ini dinilai mampu memicu Perang Dunia III.

Meski begitu, jika Perang Dunia 3 benar-benar terjadi, masih ada negara netral yang bisa bersembunyi dengan aman. Mereka juga memiliki pertahanan militer yang kuat atau melindungi wilayah negara, yang kaya akan sumber daya. Berikut sederet negara teraman untuk ditinggali saat terjadi Perang Dunia ke-3 yang dikutip dari berbagai sumber:

5 Negara dengan Pulau Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia

1. Kanada

Kanada merupakan bagian dari NATO. Namun negara ini, dimasukkan Express.co sebagai negara teraman jika perang terjadi di dunia. Negara ini memiliki daratan yang luas. Namun beberapa wilayah tidak memiliki populasi atau jarang.

Heboh Komplotan WNA China Menambang Emas Ilegal di Kalbar, Menteri ESDM Pastikan Ini

Hampir 90 persen warga Kanada tinggal dalam radius 150 mil atau 241 km dari perbatasan Amerika Serikat. Tentu ini membuat kawasan lainnya kosong atau memiliki populasi yang rendah. Ada salah satu daerah yang disebut Yukon, memiliki jumlah penduduk yang sangat sedikit.

Wilayah ini memiliki hamparan gunung, menjadikannya tempat yang cocok untuk bersembunyi. Kanada juga memiliki persediaan lebih dari 30% air tawar dunia sehingga menjadi tempat yang tepat untuk dihuni dan bercocok tanam.

2. Selandia Baru

Danau Tekapo, Selandia Baru.

Photo :
  • Tourism New Zealand (TNZ)

Selandia Baru adalah negara yang cukup mandiri dalam hal makanan dan pertanian. Negara ini memiliki sedikit sistem pengeringan sumber daya berkat populasi yang rendah. Selandia baru berlokasi cukup terpencil, negara ini jarang diserbu karena sulitnya perjalanan ke tempat ini. Bahkan sedikitnya satwa liar yang berbahaya dan minimnya kasus kekerasan membuat Selandia Baru jadi negara teraman untuk menghindari perang dan aman ditinggali.

3. Fiji

Fiji merupakan sebuah negara kepulauan yang terletak di bagian Selatan Samudera Pasifik. Fiji menjadi negara yang diprediksi paling aman jika perang dunia ke-3 terjadi. Selain memiliki pandangan yang netral pada politik internasional, letak Fiji yang jauh dari kawasan Pasifik membuat negara ini seperti terisolasi dari kondisi politik internasional.

4. Swiss

Swiss merupakan negara pegunungan dan memiliki beragam etnis. Meskipun dikelilingi oleh negara-negara yang secara historis bergejolak (seperti Austria, Prancis, dan Jerman), Swiss masih dikatakan masih sangat damai dan makmur karena geografinya dan persiapan pemerintah untuk perang.

Swiss telah membangun lebih dari 20.000 bunker nuklir di lokasi rahasia di sepanjang pegunungan yang dapat dengan aman menampung lebih dari 114% populasi dari bencana nuklir. Jika terjadi invasi dari selatan, struktur pegunungan Alpen yang bergerigi memberikan posisi yang menguntungkan bagi para pembela HAM dari penjajah.

Swiss juga merupakan negara nonblok sejak perang Napoleon, menurut Storymaps. Mereka tidak pernah bersekutu, jadi mereka tidak punya musuh. Swiss adalah negara netral tertua di dunia sejak 1815 dan tidak terlibat perang sejak Perjanjian Paris.

5. Bhutan

Meskipun terletak antara China dan India yang mudah berkonflik, Bhutan diklaim menjadi lokasi teraman jika perang dunia ke-3 terjadi karena berada tepat di dekat Pegunungan Himalaya. Negara ini juga sangat terpencil di dunia luar. Namun karena lokasinya berada 2.500 meter di atas permukaan laut, sumber air di negara ini perlu di filter agar aman dari radiasi nuklir. Selain kondisi alamnya, negara ini juga tidak memiliki perjanjian dengan AS. Sehingga Bhutan kemungkinan tidak bergabung dengan sebuah aliansi dan bertarung karena konflik.

6. Islandia

Islandia

Photo :

Pulau ini sering dianggap sangat aman untuk bersembunyi dari perang. Islandia tidak memiliki angkatan bersenjata militer sehingga bukan menjadi ancaman. Kejahatan di sana sangat rendah. Mayoritas warganya merupakan kelas menengah. Kontur negara dan medan jalan juga melindungi negara ini dari invasi. Termasuk pulau dan sejumlah gletser dan suhu Arktik untuk menghalangi kedatangan serangan. Islandia menjadi negara paling aman untuk ditinggali jika perang dunia ketiga terjadi.

Pada tahun 2019, negara ini pernah menjadi negara paling aman dalam Global Piece Index. Islandia dikenal sebagai negara yang damai dan sangat jarang terlibat perselisihan. Ini karena negara Islandia tidak memiliki perbatasan darat dengan negara lain.

7. Irlandia

Irlandia juga merupakan negara yang netral, bahkan sejak Perang Dunia 1. Sehingga Irlandia menjadi negara yang diprediksi tidak mungkin terkena serangan nuklir jika terjadi Perang Dunia 3. Negara ini juga telah membangun bunker nuklir yang berfungsi secara penuh untuk mempertahankan kehidupan untuk jangka waktu panjang. Dengan populasi penduduk Irlandia yang rendah, negara ini tidak akan sulit untuk membangun tempat perlindungan bawah tanah yang cukup untuk menampung seluruh populasinya.

Itulah beberapa negara yang diklaim sangat aman jika perang dunia ke-3 terjadi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya