JPO Pinisi yang Diresmikan Anies Diserbu Netizen: Bekasi Bikinin Pak!

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan JPO Phinisi di Karet Sudirman
Sumber :
  • Facebook Anies Baswedan

VIVA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan memerkan Jembatan Penyeberangan Orang dan Sepeda. Jembatan ini bernama Pinisi karena memang bentuknya seperti kapal. Lebih mewahnya lagi jembatan ini dilengkapi dengan lift. 

JK Ogah Komentari Wacana Anies Maju Pilgub Jakarta

"Tempat ini tak sekadar dibangun untuk menyeberangkan, namun juga untuk mempertemukan dan menyatukan. Alhamdulillah, Jembatan Penyeberangan Orang dan Sepeda (JPOS) Phinisi di Karet Sudirman resmi mulai digunakan sejak kemarin sore," kata Anies dalam akun Instagramnya @aniesbaswedan di Jakarta, Jumat, 11 Maret 2022. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan JPO Phinisi di Karet Sudirman

Photo :
  • Facebook Anies Baswedan
Pakar Sebut Kehadiran Anies di KPU Tunjukkan Komitmen Prinsip Bernegara dan Berdemokrasi

Kata dia, JPOS ini adalah ruang ketiga di antara tempat bekerja dan tempat tinggal. Fasilitas untuk mobilitas tak melulu soal berpindah tempat bagi pejalan kaki, pengguna transportasi publik, dan kini juga bisa dipakai untuk pesepeda, tapi juga soal pengalaman. 

"Ketika melewati JPOS ini kita bisa menikmati kemegahan jalan utama di Jakarta, mengenang tenaga kesehatan yang wafat berjuang saat pandemi melanda, dan membangun interaksi antarwarga yang berkunjung dari penjuru Jakarta dan dari seluruh Nusantara," ujarnya. 

Ramalan Prabowo "PKB akan Hadir Kembali" Segera Terwujud, Menurut Pengamat

Ia menuturkan, bahwa pembangunan revitalisasi dilakukan karena kondisi eksisting JPO Karet telah mengalami kerusakan, pelemahan struktur, dan tampilan yang telah kusam sehingga tidak layak dan tidak aman untuk digunakan. 

"JPOS ini dirancang untuk bisa memfasilitasi masyarakat, termasuk pesepeda bisa menyeberang," katanya. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan JPO Phinisi di Karet Sudirman

Photo :
  • Facebook Anies Baswedan

Menurutnya, dengan adanya jembatan penyeberangan ini, pesepeda bisa akses putar balik di tengah untuk berpindah dari sisi Barat ke Timur atau sisi Timur ke Barat Sudirman. 

Tentunya, JPOS ini dilengkapi anjungan bertema Kapal Pinisi dan galeri apresiasi yang didedikasikan untuk mengenang perjuangan dan pengorbanan tenaga medis dalam menangani pandemi COVID-19. 

"Sebagian dari mereka telah berpulang, dan nama-nama mereka dipatri permanen di tempat ini sebagai bentuk penghargaan," katanya. 

Galeri apresiasi di JPO Sudirman didedikasikan untuk mengenang tenaga medis

Photo :
  • Facebook Anies Baswedan

Lebih lanjut, kata dia, JPOS Pinisi sudah terintegrasi dengan halte TransJakarta Karet. Fasilitas lift pada JPO yang diperuntukkan bagi kelompok masyarakat disabilitas, lansia, ibu hamil dan sepeda. Fasilitas lainnya adalah sensor beban, CCTV, Anjungan Pandang, serta Lampu Dekoratif dan Artistik (RGB Futuristik). 

Postingan JPOS di Karet Sudirman yang baru diresmikan Anies menuai banyak pujian dari para netizen. Selain bentuknya yang sangat keren, konsep JPOS yang bertema Kapal Phinisi dengan pemandangan gedung pencakar langit diklaim akan menjadi salah satu spot foto menarik di Jakarta.

"Bakalan ramai bgt pak yg foto dsni," tulis akun vina_anggriani

Ada juga netizen berseloroh agar Anies juga bisa membangun jembatan penyeberangan se-keren itu di kota tempat tinggalnya. "Bikin Bekasi sekeren ini jg donk pak" tulis akun bunda_masyithoh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya