11 Titik Terendam Banjir, Ini Langkah Pemkot Tangerang

Penyedotan air banjir di Tangerang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

VIVA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang mencatat ada 11 titik kawasan terendam banjir akibat hujan yang mengguyur kawasan setempat sejak Selasa, 15 Maret 2022 siang.

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

Adanya hal itu Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui BPBD pun mengambil langkah tindak cepat, untuk tidak menimbulkan bencana banjir.

Kepala BPBD Kota Tangerang, Deni Koeswara mengatakan, ada 11 titik kawasan yang terendam di antaranya Batusari, Gempol Raya Kunciran, fly over Taman Cibodas dan beberapa lokasi lainnya.

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

Langkah yang diambil dalam penanganan genangan tersebut ialah melakukan penyedotan, serta memonitoring perkembangan cuaca dan kemungkinan lainnya.

Hujan lebat dan banjir (ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/HO/H. Prabowo
BPBD Assessment Pergerakan Tanah di Purwakarta

"Saat ini kondisinya sudah terpantau berangsur surut. Karena memang, tim langsung turun melakukan penyedotan dan pembersihan drainase yang tersumbat. Sehingga semua tertangani dengan cepat," katanya.

Dia melanjutkan, kondisi ini terjadi akibat cuaca ekstrem yang terjadi pada siang hari pukul 14.00 WIB tadi. Selain itu, dataran yang rendah dan drainase yang tersumbat, menjadi pemicu terjadinya genangan di beberapa wilayah di Kota Tangerang tersebut.

"Tim yang diturunkan berasal dari BPBD, DPUPR, DLH, Disbudpar, Satpol PP, aparat setempat, relawan hingga masyarakat. Sedangkan BPBD sendiri menurunkan tiga armada truk dan satu pompa portable," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya