Pemuda Tanggap Bencana NasDem Bantu 'Kerja Senyap' Anies

Pelatihan tanggap bencana di Jakarta
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Garda Pemuda Nasdem (GPND) sebagai ormas Partai Nasdem memberikan konstribusi nyata dalam mendukung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mengatasi banjir. Mereka mengadakan pemuda tanggap bencana yang diadakan di daerah rawan banjir di bantaran Kali Ciliwung, Jakarta Selatan.

Terpopuler: KPU Tetapkan Presiden Baru, Prabowo Sebut Senyum Anies Berat

Klaim ‘kerja senyap’ Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan banyak diperdebatkan oleh berbagai pihak. Namun dibandingkan hanya melayangkan kritik semata, ormas ini memilih untuk turut mendukung segala upaya pemerintah, dalam hal ini Pemprov DKI, dengan melibatkan pemuda sebagai agen perubahan.

(Foto Ilustrasi) Banjir di Kebon Pala, Kampung Melayu, Jakarta Timur.

Photo :
  • ANTARA
Waketum Nasdem Ahmad Ali Datang ke Rumah Prabowo, Surya Paloh Sebut Ada Urusan Pilkada

“Kami percaya bahwa peran pemuda menjadi lebih penting apabila segala bentuk dukungan untuk pemerintah tidak hanya berbentuk kata-kata. Namun juga dengan pembuktian yang riil, yang bisa dirasakan oleh masyarakat, baik secara langsung saat ini ataupun di masa yang akan datang. Salah satunya dengan kegiatan
Pemuda Tanggap Bencana ini," ujar Wakil Ketua Umum DPP GPND, Kresna Dewanata Prosakh dalam keterangannya, Rabu 30 Maret 2022.

Dia menjelaskan, pelatihan ini juga bukan kali pertama dilakukan oleh GPND. Anggota DPR RI Komisi I ini juga menjelaskan bahwa GPND akhir bulan kemarin baru melaksanakan pelatihan tanggap bencana di
Jatim. 

Pengamat sebut Hadirnya Anies dan Muhaimin di KPU Beri Legitimasi Hasil Pemilu

Dengan kegiatan ini, Dewa juga berharap dapat memperlihatkan bahwa organisasi kepemudaan ini bukanlah sarana untuk hura-hura, sekaligus menegaskan GPND yang tidak hanya menjalankan tugas-tugas kepartaian namun juga menjalankan tugas kemanusiaan.

Melalui program Pelatihan Pemuda Tanggap Bencana, GPND berusaha untuk membentuk komunitas pemuda yang tanggap akan persoalan bencana dan dapat melakukan langkah-langkah yang dibutuhkan untuk menanggulangi bencana. Tidak hanya bencana banjir, pada pelatihan ini para peserta diberikan kemampuan untuk bencana lain yang kerap terjadi di ibukota termasuk kebakaran
dan air pasang.

Ketua DPW GPND DKI Jakarta, Nova Harivan Paloh, menilai penting untuk membuka kesadaran pemuda akan isu ini dan melengkapinya dengan kemampuan untuk berkontribusi. 

“Kolaborasi buat tanggap bencana, melatih pemuda-pemuda karang taruna tentang bagaimana pelatihan ilmu kesiagaan seperti cara mengoperasikan perahu karet dan evakuasi warga. Diharapkan pemuda bisa langsung terjun langsung karena setiap RT RW pasti punya karang taruna," kata Nova.

Pada kesempatan ini juga, pria yang juga anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta ini menyarankan Pemprov DKI Jakarta untuk mengalokasikan anggaran penambahan perahu karet untuk setiap kelurahan agar setiap kelurahan mampu melakukan quick respons secara mandiri apabila petugas terkait belum hadir di lokasi bencana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya