204 Kios di IRTI Monas Kebakaran, Pedagang Harap Bantuan Pemerintah

Pemadam kebakaran (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • Ridwan Putra/VIVA.co.id

VIVA – Kebakaran menghanguskan sekitar 204 kios Lenggang Jakarta, di IRTI Monas, Jakarta Pusat, Kamis, 31 Maret 2022. Akibat kebakaran itu menimbulkan kerugian diperkirakan mencapai Rp20 miliar.

Soal Utang Rafaksi Minyak Goreng ke Pengusaha, Kemendag: Mudah-mudahan Mei Selesai

Kasie Ops Damkar Jakarta Pusat Asril Rizal mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap pemilik kios, yang terbakar dalam kejadian tersebut ada 24 kios kuliner dan 180 kios suvenir.

"Nilai total kerugian terakumulasi kisaran Rp20 miliar dari nilai bangunan yang terbakar sama dagangan terbakar. 204 kios itu, 24 kios kuliner dan 180 kios suvenir," ujar ujar Asril dikonfirmasi, Kamis, 31 Maret 2022. 

KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

Api diketahui pertama muncul pada bagian atap kios suvenir. Api kemudian dengan cepat menyebar hingga membakar habis ratusan kios yang ada di lokasi. 

Ilustrasi kebakaran

Photo :
  • VIVA.co.id/ Willibrodus
Heboh Aksi Pedagang Buang Puluhan Ton Buah Pepaya, Ternyata Ini Penyebabnya

Akibat kebakaran itu, salah satu pedagang di IRTI Monas, Murniaty mengatakan, pihaknya mengalami kerugian kurang lebih Rp50 juta. Muniarty mengatakan, kehidupan keluarganya saat ini tergantung dari penghasilan dari kios suvenir itu.  

"Yang jelas barang kita habis kita sedih banget, karena begitu datang sudah jadi abu, kurang lebih kerugian satu kios Rp50 juta," ujarnya. 

Muniarty berharap ada bantuan pemerintah yang memperhatikan nasib ratusan pedagang yang kiosnya terbakar.  

"Saya berharap ada bantuan dari pemerintah, karena kan lagi begini, dari kemarin kan istilahnya nggak bisa dagang begini, ada musibah seperti ini, saya sama teman-teman sedih banget, nggak bisa ngapa-ngapain saat ini," ujarnya.

Hingga kini petugas masih melakukan penyelidikan mendalam terkait penyebab pasti kebakaran tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya