Pemprov DKI Sebut Area Timur JIS Batal Digunakan Salat Idul Fitri 2022

Masyarakat mengunjungi proyek Jakarta Internasional Stadium, Jakarta Utara.
Sumber :
  • ANTARA/Ricky Prayoga

VIVA – Kepala Bagian Mental Spiritual Biro Pendidikan dan Mental Spiritual (Dikmental) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Aceng Zaini mengatakan, area sebelah timur Jakarta International Stadium (JIS) batal digunakan Salat Idul Fitri 1443 Hijriah.

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus dan Timbulkan Korban Jiwa, KAI Soroti Disiplin Lalu Lintas

"Info terakhir, area ramp timur JIS batal digunakan untuk jemaah Salat Id dikarenakan (posisi) kemiringannya," kata Aceng di Jakarta, Rabu, 27 April 2022.

Menurut Aceng, apabila ramp timur tidak dipakai maka daya tampung jemaah di JIS berkurang.

Belasan Kali Erupsi di Gunung Api Ile Lewotolok Lembata NTT

Arsip foto - Lapangan utama JIS.

Photo :
  • ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Ia memperkirakan, kapasitas jemaah Salat Id di JIS kembali menjadi sekitar 14 ribuan orang.
"Otomatis kapasitas maksimal 14 ribuan," kata Aceng.

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

Sebelumnya, menurut Aceng, berdasarkan wawancara pada Selasa, pengelola JIS menyiapkan area ramp timur mengantisipasi antusiasme masyarakat mengikuti Salat Id.

Kapasitasnya pun bisa meningkat hingga 24.157 orang, dari kapasitas 14.757 orang berdasarkan estimasi awal area yang disiapkan untuk Shalat Id, yakni hanya ramp barat hingga concourse selatan.

Aceng mengatakan, untuk imam yang nantinya merupakan Juara Nasional Tilawah Dewasa Putra Musabaqah Tilawah Al-Quran Nasional Tahun 2018 Ustad Heri Kuswanto ditempatkan di saf paling depan laki-laki di ramp barat. Sedangkan makmum perempuan dapat menempati zona selatan JIS.

"Untuk mengikuti Salat Id di JIS, jemaah tidak perlu mendaftar. Namun, kami meminta agar jemaah tetap memakai masker," kata Aceng.

Panitia juga menyiapkan 60 titik area wudhu yang tersebar di empat tangga (grand stair) timur dan barat, empat unit toilet, ditambah 20 titik keran yang didukung truk pompa PAM Jaya di sisi barat JIS.

Sementara itu, untuk tempat parkir terbatas 2.000 kendaraan. Jemaah diharapkan dapat memaksimalkan penggunaan kendaraan umum atau menggunakan kantong-kantong parkir lain di sekitar JIS. (Antara)


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya