Lebaran 2022, Polisi Sebut Pemudik Motor Naik Empat Kali Lipat

Pemudik sepeda motor melintas di jalur Pantura, Tegal, Jawa Tengah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

VIVA – Pemudik sepeda motor disebut naik empat kali lipat saat mudik lebaran tahun 2022. Sejauh ini tercatat ada 201.352 pemudik dengan sepeda motor keluar dari Ibu Kota.

Mendag Zulhas Sebut Kenaikan Harga Bawang Merah Akibat Banyak Pedagang Belum Mulai Berjualan

"Total 201.352 sepeda motor," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo, kepada wartawan, Kamis 28 April 2022.

Sambodo menyebut, diperkirakan ada 14 juta orang di Jabodetabek yang pulang kampung pada libur Lebaran tahun ini. Estimasinya sebanyak 4,2 juta orang menggunakan mobil pribadi, lalu 2,8 juta orang menggunakan roda dua. Sementara itu, sisanya menggunakan transportasi umum.

Akan Ada 2 HP Baru yang Meluncur Abis Lebaran

"Untuk pemudik sepeda motor, hari Senin kemarin yang lewat Kedungwaringin yang ke arah Karawang itu hanya 15 ribu kendaraan," jelas Sambodo.

Ilustrasi massa pemudik menggunakan sepeda motor beberapa waktu lampau.

Photo :
  • VIVA.co.id/Ardian
Fourtwnty Tutup Jakarta Lebaran Fair dengan Manis 

Pun, pada Selasa 26 April 2022, jumlahnya mencapai 61 ribu kendaraan sepeda motor yang melintas. Dengan kondisi itu, bisa dikatakan kalau kenaikannya terjadi dalam satu hari mencapai empat kali lipat.

Gelombang pemudik motor sudah meninggalkan Jakarta jelang H-4 lebaran Idul Fitri. Salah satu titik rute pemudik melintasi jalur Pantura Cirebon.

Sebelumnya, Sambodo menyampaikan pihaknya menyediakan rest area khusus pemudik motor. Rest area yang berada di Bekasi dan Tangerang itu sudah dibuka sejak Senin, 25 April 2022.

Dia menyebut kapasitas rest area bisa menampung 400 unit sepeda motor.

"Kedung waringin Bekasi dan Jati Uwung Tangerang. Cukup luas, bisa 300 - 400 motor," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya