Anies Imbau Warga Tiba Pukul 06.00 untuk Salat Id di JIS

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan keterangan pers usai menghadiri malam takbiran di Jakarta International Stadium, Jakarta Utara, Minggu malam, 1 Mei 2022.
Sumber :
  • ANTARA/Abdu Faisal

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau warga tiba lebih awal pada Senin sekitar pukul 06.00 WIB untuk menunaikan salat Idul Fitri 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara.

Ketua DPRD Kota Bogor Dorong Pemerintah Beri THR Lebaran bagi Warga Terdampak Bencana

Karena, Anies menuturkan, pelaksanaan salat Idul Fitri 1443 Hijriah di JIS akan dimulai pada pukul 07.00 WIB.

"Salat Idul Fitri besok memang dimulai jam 7 pagi, tetapi kami menganjurkan sudah sampai di lokasi pukul 6 sehingga bisa sama-sama duduk tenang, takbir sampai jam 7 pagi ketika salat Id dimulai," kata Anies usai merayakan malam takbiran di JIS, Minggu malam, 1 Mei 2022.

Suzuki Siapkan 66 Bengkel Siaga Dukung Mudik Lebaran 2024

Stadion Jakarta International Stadium

Photo :
  • instagram

Anies mengatakan bahwa setelah rangkaian khotbah dan salat Id selesai, masyarakat diizinkan untuk masuk dan berkeliling ke bagian dalam stadion, termasuk lapangan rumput sebelum mereka pulang.

Trik Simpel Ivan Gunawan, Agar Silaturahmi Lebaran Bisa Tetap Glowing

Pemprov DKI Jakarta pun tidak memberikan batasan waktu kepada masyarakat yang ingin berkeliling di area bagian dalam stadion berkapasitas 82.000 orang itu.

"Tidak ada batasan khusus tapi yang jelas masuknya bertahap. Jadi nanti akan ada pintu masuk ke dalam stadion, muter sambil berjalan ke luar nanti turunnya dari bawah dekat rumput langsung ke lantai parkir," ujar Anies.

Ketua Bidang Dakwah dan Ukhuwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Muhammad Cholil Nafis ditunjuk menjadi khatib pada salat Idul Fitri 1443 Hijriah di JIS.

Kepala Bagian Mental Spiritual Biro Pendidikan dan Mental Spiritual Pemprov DKI Jakarta Aceng Zaini menjelaskan tema salat Id pertama di JIS, yakni "Spirit Fitrah untuk membangun kesalehan".

Sementara itu, yang akan menjadi imam salat adalah juara nasional Tilawah dewasa putra MTQ Nasional 2018, Ustadz Heri Kuswanto.

Pemprov DKI Jakarta menyiapkan sekitar 20 ribu kapasitas untuk menampung jemaah yang akan melaksanakan salat Idul Fitri 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS).

Jemaah juga diimbau untuk membawa peralatan salat pribadi, membawa kantong ramah lingkungan untuk menyimpan sandal atau sepatu. Selain itu, jemaah tidak diperkenankan membawa koran karena dapat menjadi sampah setelah salat dan tetap memakai masker serta menerapkan protokol kesehatan selama kegiatan berlangsung. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya