Gelar Festival Tabuh Bedug di JIS, Anies: Jadi Syiar Jakarta ke Dunia

Festival Tabuh Bedug Malam Takbiran 1443 H di JI
Sumber :
  • Dokumentasi Pemprov DKI

VIVA – Dua tahun perayaan malam Takbiran di Jakarta relatif terlewati dengan sepi. Nyaris tak ada kemeriahan di setiap sudut kota dalam menyambut hari kemenangan itu.

8.725 Pemudik Langgar Ganjil Genap Selama Mudik Lebaran 2024, Dikenai Sanksi Tilang

Namun pada tahun ini, kemeriahan malam takbiran itu kembali dihidupkan. Di Jakarta, pemerintah menggelar Festival Tabuh Bedug Malam Takbiran 1443 Hijriah. Gelaran tersebut berlangsung di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, pada Minggu malam, 1 Mei 2022.

Pada kesempatan ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beserta jajaran menghadiri sekaligus membuka kegiatan dengan menabuh bedug. Festival ini diikuti oleh perwakilan enam wilayah Kota/Kabupaten Administrasi di DKI Jakarta.

Petugas Kebersihan di Tangerang Angkut 3 Ribu Ton Sampah per Hari Selama Idul Fitri

Dalam sambutannya, Gubernur Anies mengatakan, kegiatan ini dapat terwujud berkat kolaborasi berbagai stakeholder di Jakarta. Dalam menyambut 1 Syawal 1443 H, menurut Anies, kegiatan ini adalah perumpamaan gerakan simpul persatuan, simpul lintas suku, agama, dan antarbangsa. 

"Gema dan gaung acara kita malam hari ini menjadi syiar Islam yang cahayanya bersumber dari Kota Jakarta ke seluruh dunia. Karena itu, acara ini menjadi wujud pemersatu dan meningkatkan rasa cinta seluruh warga DKI Jakarta kepada kotanya, terlebih kegiatan ini kami pusatkan di bangunan JIS stadion kita kebanggaan bangsa dan rakyat Indonesia," kata Anies.

Grebeg Kupat Tumpeng Syawalan di Kota Batu Tetap Meriah Meski Hujan Gerimis

Pada kesempatan ini pula, Anies turut mengucapkan terima kasih kepada sejumlah publik figur yang ikut memeriahkan kegiatan malam takbiran di JIS tersebut. Mereka adalah Pasha Ungu, Opick, dan Indah  Nevtari.

Ia juga apresiasi kolaborasi lintas jajaran, seperti aparat keamanan, Satpol PP, petugas Dishub, dan instansi terkait lainnya yang telah menjaga, serta memastikan kegiatan ini berlangsung aman, lancar dan tertib.

"Dengan seluruh kesiapan  ini semua, insya Allah besok pagi Jakarta International Stadium, salah satu kebanggaan kita, digunakan untuk salat Idul Fitri. Mari kita gaungkan dan gemakan takbir, tahlil dan tahmid sebagai ungkapan syukur menggapai hari kemenangan dan kita Insya Allah menjadi manusia yang kembali fitrah dan meningkat imannya," ungkapnya.

Adapun rangkaian dari kegiatan malam Takbiran meliputi Gema Takbir Idul Fitri, Festival Bedug, dan Pesan Idul Fitri, dengan lantunan lafas ayat suci Al-Qur’an, ucapan kalimat takbir, tahlil dan tahmid.

Terdapat 30 bedug dari Dinas Kebudayaan DKI Jakarta yang diletakkan di JIS untuk Festival Tabuh Bedug Malam Takbiran ini. Kemeriahan acara tersebut pun dihadiri oleh sedikitnya 3.000 orang.

Turut hadir Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Zita Anjani, M. Taufik beserta jajaran anggotanya,  jajaran Forkopimda DKI Jakarta, para pejabat Pemprov DKI Jakarta, Waketum PBNU, Nusron Wahid dan Zulfa Musthofa, para ulama, para habib serta masyarakat Jakarta.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya