Ribuan Pemudik Tiba di Jakarta Lewat Terminal Kampung Rambutan

Arus Mudik di Terminal Kampung Rambutan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Terminal Kampung Rambutan mengantisipasi pemudik yang tiba pada malam hari maupun dini hari. Angkutan khusus bernama Andini atau angkutan dini hari itu disiapkan sejak arus balik mulai meningkat pada H+1 Lebaran 2022.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Menurut Komandan Regu Terminal Kampung Rambutan, Mulyono, mereka terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi pemudik yang kembali ke Ibu Kota dan daerah penyangga lewat Terminal Kampung Rambutan, apalagi pada dini hari. 

Pihaknya koordinasi dengan operator TransJakarta, Jak Lingko dan armada angkutan dalam kota supaya pemudik bisa mendapatkan akses pulang ke kediaman masing-masing.

Pelita Air Klaim Tak Ada Kendala saat Angkut Penumpang Arus Balik Lebaran 2024

Terminal Kampung Rambutan, Arus Mudik 2019

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Jadi yang antisipasi penumpang yang tiba di Terminal Kampung Rambutan pada dini hari, kami koordinasi supaya yang tiba bisa terlayani," ujar Mulyono kepada wartawan, Senin, 9 Mei 2022.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Dia menjelaskan, arus balik mulai terlihat sejak H+1 Lebaran 2022. Sampai sekarang, penumpang yang tiba di Kampung Rambutan masih didominasi pemudik. Menurut data pada 8 Mei 2022 pukul 14.00 WIB, sampai hari ini pukul 07.00 WIB, ada 9.037 pemudik kembali ke Ibu Kota lewat Terminal Kampung Rambutan.

"Sampai sekarang masih banyak saudara yang tiba. Mayoritas penumpang dari beberapa kota di Jawa Barat disamping Jawa Timur, Jawa Tengah dan Sumatera," katanya.

Lebih lanjut, dia menyebutkan, situasi di Terminal Kampung Rambutan sampai sekarang masih kondusif. Untuk pengamanan, mereka mendapat dukungan dari aparat TNI, Polri, Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan. "Untuk keamanan alhamdulillah sampai saat ini sangat kondusif," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya