Pasar Petak Sembilan Glodok Akan Direvitalisasi

Warga melintasi lapak PKL di kawasan Petak Sembilan, Glodok, Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.

VIVA – Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat akhirnya memutuskan untuk merevitalisasi Pasar Petak Sembilan karena kawasan tersebut sudah menjadi ikon di kawasan Pecinan, Taman Sari.

Benteng Vredeburg Yogyakarta Direvitalisasi, Bakal Ada Wisata Malam

"Kita putuskan melakukan jalan revitalisasi untuk mengangkat kearifan lokal Petak Sembilan sebagai ikon pecinan," kata Camat Taman Sari, Agus Sulaeman, saat dihubungi di Jakarta, Selasa, 10 Mei 2022.

Keputusan itu diambil setelah sebelumnya Agus melakukan pertemuan dengan pedagang yang tergabung dalam paguyuban pedagang Pasar Petak Sembilan.

Pensiun dari Polri, Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi Ingin Jadi Lurah

Dengan munculnya keputusan tersebut, pihak Agus membatalkan rencana merelokasi para pedagang ke Pasar Glodok.

Petak Sembilan

Photo :
  • VIVA.co.id/Riska Herliafifah
Kata Prabowo Keberlanjutan Tetap Butuh Perbaikan

Agus memastikan, revitalisasi pasar Petak Sembilan akan fokus kepada pembenahan tempat agar para pedagang bisa berdagang dengan nyaman.

Selain itu, pihaknya juga memastikan jalanan yang ada di kawasan Petak Sembilan bisa dipakai oleh para pejalan kaki dan pengendara.

"Akan dilakukan pengukuran terhadap ruang yang ada agar dapat memfasilitasi pedagang tanpa menghilangkan fungsi jalan," kata dia.

Hanya saja, Agus belum bisa memastikan kapan rencana revitalisasi ini akan digulirkan.

Kini, pihaknya masih dalam tahap mencari pihak yang mau diajak kerja sama untuk merevitalisasi pasar dalam bentuk tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR). (Antara)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya